Pelaksanaan Smart Parenting Education di PAUD Terpadu Arraisyah Koba Bangka Tengah Bangka Belitung

  • Rizzika Ozaria Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Kata kunci: Pelaksanaan, Smart Parenting Education

Abstrak

Dalam upaya mengembangkan kemampuan dan potensi anak usia dini diperlukan suatu program yang dapat membantu dan mendukung terhadap perkembangan anak, yang salah satunya adalah diadakannya kegiatan yang mensinergikan antara pendidik PAUD dengan orang tua melalui program pendidikan orang tua (parenting education). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Parenting Education Di PAUD TERPADU ARRAISYAH BANGKA TENGAH. Sasarannya adalah para orangtua yang menjadi peserta didik di lembaga PAUD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. penelitin ini mengunakan penelitian kualitatif. Hasil penelitin menunjukkan bahwa Pelaksanaan Parenting Education Di PAUD TERPADU ARRAISYAH BANGKA TENGAH dapat berjalan dengan baik, itu dapatdilihat dari bentuk-bentuk kegiatan yang sudah sesuai dengan petunjuk teknis yang diterbitkan oleh DIRJEN PAUDNI, meskipun ada beberapa kendala dari pelaksanaannya. Tetapi pendidik PAUD sekaligus pemateri Smart Parenting Education dapat mengatasinya dengan berbagai cara. Sedangkan untuk materi yang diberikan pada orangtua sesuai dengan kebutuhan orangtua dalam mengasuh dan mendidik anaknya.

Referensi

Abdullah Muhammad Abdul Muthy. 2007. Quantum Parenting. Surakarta: Qaula Smart Media.
Ahmad HadiYasin. 2010. Meraih Dahsyatnya Smart Parenting with Love. Jakarta: Progressio Publishing.
Ali, M, 2000. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Cet. X. Bandung: CV. Sinar Baru Algesindo.
Ardiyanto, Gunawan. 2010 A to Z Cara Mendidik Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Arikunto, Suharsimi, 2004. Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
DEPDIKNAS. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomer 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. DEPDIKNAS.
DIRJEN PAUDNI. 2012. Pedoman Penyelengaraan Pendidikan Ank Usia Dini. DIRJEN PAUDNI.
Rachman, M. Fauzi. 2011. Islamic Parenting. Jakarta: Erlangga.
Suwaid, Muhammad Nur Abdul Hafizh. 2010. Prophetic Parenting Cara Nabi Mendidik Anak. Yogyakarta: Pro-U Media.
Diterbitkan
2018-08-12
Bentuk Sitasi
Ozaria, R. (2018, August 12). Pelaksanaan Smart Parenting Education di PAUD Terpadu Arraisyah Koba Bangka Tengah Bangka Belitung. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 4(2), 139-149. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/302
Section
Articles