Manajemen Input, Proses, dan Output PAUD Berbasis Alam(Studi Analisis di TK Jogja Green School Yogyakarta)

  • Thorik Aziz Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Kata kunci: Manajemen input proses output, Jogja Green School

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan manajemen input, proses, output di Jogja Green School, (2) menganalisis manajemen input, proses, output di TK Jogja Green School. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dalam penelitian ini. Data dihimpun menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumantasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data Miles dan Hubberman yakni melalui reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Jogja Grren School merupakan sekolah yang humanis jika dilihat dari manajemen input, proses, outputnya. Pada manajemen input pihak sekolah lebih mendahulukan anak-anak berkebutuhan khusus dari pada anak yang biasanya disebut sebagai anak normal. Pada manajemen proses, pihak sekolah mendahulukan bermain daripada membebani anak dengan berbagai macam hafalan. Sementara pada manajemen outputnya, pihak sekolah tidak memaksa anak untuk melanjutkan sekolah di SD Jogja Green School, meski lokasinya satu atap dengan TK Jogja Green School dan berada di bawah satu yayasan yang sama.

Referensi

Anwar, A Mahfudz, dkk. Pendidikan Karakter: Pendidikan Menghidupkan Nilai untuk Pesantren, Madrasah, dan Sekolah. Peny. Budhy Munawar & Rachman, Jakarta Selatan: The Asia Foundation, 2015.
Bull, Victoria. Oxford: Learner’s Pocket Dictionary. New York: Oxford University Press, 2011.
Buchori Alma, Manajemen Corporate & Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Focus Pada Mutu Dan Pelayanan Prima, bandung: alfabeta, 2008.
Danim, Sudarwan. Otonomi Manajemen Sekolah. Bandung: Alfabeta, 2010.
Latif, Mukhtar dkk. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana, 2014.
Masnipal, Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Professional, Jakarta: Gramedia, 2013.
Mansur Muslich, KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Moeslichatoen R, Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Mulyasa, H.E. Manajemen PAUD, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Nurhadi, Wahana Ilmu dan Praktek manajemen. Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 2 No. 1, Prodi Manajemen, Fakultas Ilmu Sosial, UNY.
Rambut Lupiyoadi, Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: salemba empat, 2008.
Sianturi, Hendry. Humanisme adalah Sisi Fundamental Manusia. (online) diakses tanggal 12 Juni 2016.
Supriyanto, Eko. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Cerdas Istimewa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Suyadi, Mnajemen PAD TPA-KB-TK/RA: Mendirikan, Mengelola dan Mengembangkan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Diterbitkan
2018-08-12
Bentuk Sitasi
Aziz, T. (2018, August 12). Manajemen Input, Proses, dan Output PAUD Berbasis Alam(Studi Analisis di TK Jogja Green School Yogyakarta). SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 4(2), 150-158. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/303
Section
Articles