Perkembangan Kognitif Anak Raudlatul Athfal (RA)
Abstrak
Perkembangan tidaklah terbatas pada pengertian pertumbuhan yang semakin membesar, melainkan di dalamnya juga terkandung serangkaian perubahan yang berlangsung secara terus-menerus dan bersifat tetap dari fungsi-fungsi jasmaniah dan rohaniah yang dimiliki individu menuju ke tahap kematangan melalui pertumbuhan, pemasakan, dan belajar. Perkembangan menghasilkan bentuk-bentuk dan ciri-ciri kemampuan baru yang berlangsung dari tahap aktivitas yang sederhana ke tahap yang lebih tinggi.
Hasilnya bahwa Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan kognitif anak RA antara lain: Faktor Hereditas/Keturunan, Faktor Lingkungan, Faktor Kematangan, Faktor Pembentukan, Faktor Minat dan Bakat, dan Faktor Kebebasan. Kemudian disesuaikan dengan standar pencapaian perkembangan kognitif anak usia dini dari pemerintah
Referensi
Desmita. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Gandasetiawan, Ratih Zimmer. Mengoptimalkan IQ & EQ Anak Melalui Metode Sensomotorik. Jakarta: Penerbit Libri, 2010.
Hasan, Aliah B. Purwakania. Psikologi Perkembangan Islami: Menyingkap Rentang Kehidupan Manusia dari Prakelahiran hingga Pascakematian. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.
Hurlock, Elizabeth B. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga, 1980.
Monks, F. J. dkk. Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1985.
Romlah. Psikologi Perkembangan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press, 2010.
Suparno, Paul. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius, 2001.
Wulan, Ratna. Mengasah Kecerdasan Pada Anak (bayi-pra sekolah). Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.