Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Matematika Di RA Ma’arif 1 Kota Metro

  • Agus Setiawan Institut Agama Islam Ma'arif NU Metro Lampung

Abstrak

Abstrak: Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan   kemampuan   penjumlahan melalui media pembelajaran matematika pada anak kelompok A RA Ma’arif 1 Kota Metro.  Permasalahan  yang  digunakan  berupa  soal  cerita  dengan menggunakan benda-benda yang sering ditemui anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilakukan 2 siklus dengan tema rekreasi, pekerjaan dan alat trasportasi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A RA Ma’arif 1 Kota Metro, dengan jumlah 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi.   Instrumen   penelitian   menggunakan   lembar   observasi.   Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui media pembelajaran matematika meningkatkan kemampuan penjumlahan pada anak usia kelompok A RA Ma’arif 1 Kota Metro. Hasil siklus I, rerata kemampuan penjumlahan 11-15  adalah 70  meningkat   menjadi  90 pada siklus II.   Pada   penjumlahan   16-20  adalah 60 pada siklus I meningkat menjadi 80 pada siklus II.

 

   Kata kunci: penjumlahan, media pembelajaran matematika, anak usia dini.

Diterbitkan
2018-09-17
Bentuk Sitasi
Setiawan, A. (2018, September 17). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Matematika Di RA Ma’arif 1 Kota Metro. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 4(2), 181-188. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/309
Section
Articles