Peran Guru dalam Mengembangkan Nilai Moral Agama Pada Anak Usia Dini di Raudlatul Athfal Ma’arif 1 Metro

  • Leli Fertiliana Dea Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIM-NU) Metro Lampung
  • Agus Setiawan Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIM-NU) Metro Lampung

Abstrak

Pencapaian perkembangan nilai-nilai agama dan moral pada anak usia dini hendaknya disertai dengan penerapan langkah-langkah perkembangan Nilai-nilai Agama dan Moral  yang dilakukan oleh seorang guru dan penerapan yang sesuai dengan prinsip-prinsip yang tepat akan tercapainya perkembangan nilai-nilai agama dan moral pada anak. Dengan demikian penulis memberikan saran-saran sebagai berikut:1) Hendaknya Guru menciptakan hubungan yang baik dan akrab sehingga tidak ada kesan bahwa guru adalah figur yang menakutkan. 2) hendaknya Guru senantiasa bersikap dan bertingkah laku yang dapat dijadikan contoh/teladan bagi anak.3) Hendaknya Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk membedakan dan memilih mana prilaku yang baik dan mana yang tidak baik, guru sebagai pembimbing hanya mengarahkan dan menjelaskan akibat-akibatnya. 4) hendaknya guru Dalam memberikan tugas kepada anak agar diusahakan berupa ajakan dan perintah bahasa yang baik. 5) hendaknya guru memberkan rangsangan (motivasi) dan bukan paksaan.6) Apabila anak yang berprilaku berlebihan, hendaknya guru berusaha untuk mengendalikan tanpa emosi . 7) Terhadap anak yang menunjukan perilaku bermasalah, peran guru adalah sebagai pembimbing dan bukan penghukum. 8) Pelaksanaan program pembentukan perilaku bersifat luwes/fleksibel

Referensi

Abdul Majid dan Andayani, Pendidikan Islam Berbasis Kompetensi
Ahmad Tafsir, Metode Pengajaran Agama Islam, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2003
Ali Mudlofil, Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satua Pendidikan dan Ajar Dalam Pendidikan Agama Islam, Jakata, Rajawali, 2011
Asmaran, Pengantar Stady Akhlak, Jakarta, Raja Gravindo Persada, 1993
Badrul Zuman, Strategi Pengembangan Moral Agama
Bambang Daroeso, Dasar Dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila, Semarang, Aneka Ilmu, 1989
Burhan Bungin, Analisis Data Penelitian Kualitatif, Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2003
Depdikbud RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka 1990
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka, 1998
EB Hurlock, Psikologi Perkembangan Anak, Jakarta, Erlangga, 1995
Emir, Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta, Rajawali, 2011
Goerden H. Bower, Theories Of Learning, Englewood, Prentie Hall, 1981
Haluan, Pengembangan Nilai Agama Dan Moral, Jakarta, 2014
Margono, Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta, Rineka, 2004
Moh, Roqib, Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta, PT Cermelang, 2009
Muhaimin, Paradikma Pendidikan Islam, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2008
Nurul Zuriah, Pendidikan Moral Dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan
Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, Bandung, Remaja Karya, 1985
Oemar Bakry, Akhlak Muslim, Bandung, Angkasa, 1993
Oemar Hamalik, Kurikulum Dan Pembelajaran, Jakarta, PT Bumi Aksara,2008
Otib Satibi, Metode Pengembangan Nilai Moral Dan Agama, Jakarta, UT, 2011
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomer 74 Tahun 2008, Jakarta, Citra Utama Media
Pusat Kurikulum, Kurikulum Hasil Belajar, Jakarta, 2002
Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka, 1990
Rober K Yen, Stady Kasus, Jakarta Rajawalii, 2009
Sjakawi, Pembentukan Kepribadian Anak, Jakarta, Bumi Aksara, 2008
Sugiono, Metode Penelitian Administrasi, Bandung, Alfabeta, 2014
Supriyanto, D. (2015) “Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak dan Pendidikan Keagamaan Orangtua”, MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 2(2), pp. 66-75. Available at: http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/67
Sutopo, Metodologi Penelitian Kualitatif, Surakarta, Sebelas Maret Universitas, 2002
Syamsu Yusuf LN, Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2009
Undang-undang Dasar
Wahid Ahmadi, Risalah Akhlak, Solo, Era Intermedia, 2004
Winarno Surakhmad, Pengantar Penelitian Ilmiyah Dasar Metode Dan Teknik, Yogyakarta, Raja Grafindo, 2009
Diterbitkan
2019-01-24
Bentuk Sitasi
Dea, L., & Setiawan, A. (2019, January 24). Peran Guru dalam Mengembangkan Nilai Moral Agama Pada Anak Usia Dini di Raudlatul Athfal Ma’arif 1 Metro. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 5(1), 13-29. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/359
Section
Articles