Pengaruh Bermain Kreatif Tangram Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia Dini

  • Risma Nugrahani Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
Kata kunci: Bermain Kreatif Tangram, Bentuk Geometri

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain kreatif tangram terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia dini. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian eksperimen semu Nonequivalent Control Grup Design. Penelitian dilakukan pada kelompok A di TK Al Uswah Tuban dengan subjek penelitian sebanyak 34 anak yang dibagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi dan dokumentasi menggunakan pedoman observasi kemampuan mengenal bentuk geometri. Sebelum data dianalisis menggunakan rumus dan bantuan program SPSS 21.00, dilakukan uji validitas menggunakan pearson correlation dan uji reliabilitas dengan Cronbach Alpha terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain kreatif tangram berpengaruh terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri. Hal ini terbukti dengan adanya perbedaan hasil kemampuan mengenal bentuk geometri antara kelompok kontrol yaitu sebesar 59% dan kelompok eksperimen sebesar 71%. Selanjutnya disarankan kepada lembaga PAUD untuk menerapkan kegiatan bermain kreatif tangram sebagai salah satu alternatif untuk menstimulus kemampuan kognitif anak khususnya dalam hal mengenal bentuk geometri

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Berutu, Alaris. 2013. Penerapan Metode Permainan dengan Berbantuan Tangram untuk Meningkatkan Hasil belajar Matematika pada Materi Bangun Datar. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan Vol 19(1) pp. 9-18.
Bohning, Gerry & Althouse, Jody Kosack. 1997. Using Tangrams to Teach Geometry to Young Children. Early Childhood Education Journal, Vol 24(4).
Chandra, Adi. 2012. Bermain Tangram, There’s Something About Geometry Architecture. Sumber: http://geometryarchitecture.wordpress.com/2012/06/13/tangram-2/.
Copley, Juanita. 2000. The Young Child and Mathematics. Washington DC: NAEYC.
Setiawan, A. (2018). Meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini melalui media pembelajaran matematika di ra ma’arif 1 kota metro. Seling:Jurnal Program Studi PGRA, 4, 181–188.

Diana. 2005. Pemanfaatan ICT Dalam Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Hill, Donna. 1995. Math in Motion. New York: AIMS Education Foundation.
Mariyani, Ni Kadek Dwi, dkk. 2014. Penerapan Metode Drill Berbantuan Media Tangram untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak. e-journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Vol 2(1).
Masitoh. 2007. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Musfiroh, Tadkiroatun. 2008. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.
Priyatno, Duwi. 2010. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.
Rachmawati, Yeni dan Kurniati, Euis. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Ratnawati. 2001. Prestasi Belajar Anak Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Riduwan. 2009. Rumus dan Data Analisa Statistik. Bandung: Alfabeta.
Rynhart, Pavani. 2013. Learning Geometry Using Tangrams. Proactive Play.
Seefeldt, Carol dan Wasik, Barbara. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
Dewi, Y. A. S. (2014). Analisis Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah Dasar Negeri Pisang Candi 1 Malang. Modeling, 1(2), 94–109.
Setiawan, A. (2018). Meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini melalui media pembelajaran matematika di ra ma’arif 1 kota metro. Seling:Jurnal Program Studi PGRA, 4, 181–188.
Siew, Nyet Moi & Abdullah, Sopiah. 2012. Learning Geometry in a Large-Enrollment Class: Do Tangrams Help in Developing Students’ Geometric Thinking? British Journal of Education, Society & Behavioural Science. Vol. 2(3), pp. 239-259.
Siew, Chong & Abdullah. 2013. Facilitating Students’ Geometric Thinking Through Van Hiele’s Phase-Based Learning Using Tangram. Journal of Social Science. Vol. 9(3), pp. 101-111.
Siew, Nyet Moi & Chong, Chin Lu. 2014. Fostering Students Creativity Through Van Hiele’s 5 Phase-Based Tangram Activities. Journal of Education and Learning Vol 3(2).
Sujiono, Yuliani Nurani dan Sujiono, Bambang. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.
Sujiono. dan Yuliani, Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Tchoshanov, Mourat. 2010. Building Students Mathematical Proficiency: Connecting Mathematical Ideas Using the Tangram. Journal of Learning and Teaching Mathematics Vol 10 pp. 16-23.
Van Hiele, Pierre M. 1999. Developing Geometric Thinking Through Activities Thinking That Begin with Play. Journal of Teaching Children Mathematics Vol 6 pp. 310-316.
Diterbitkan
2019-01-24
Bentuk Sitasi
Nugrahani, R. (2019, January 24). Pengaruh Bermain Kreatif Tangram Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 5(1), 30-38. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/360
Section
Articles