Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Melalui Outdoor Learning Terhadap Perkembangan Sains dan Kreativitas Anak Kelompok B di TK Kecamatan Kenjeran Surabaya

  • Putri Ismawati STITNU Al Hikmah Mojokerto

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran sentra melalui outdoor learning terhadap perkembangan sains di Taman Kanak-kanak, 2) pengaruh model pembelajaran sentra melalui outdoor learning terhadap kreativitas di Taman Kanak-kanak, 3) pengaruh model pembelajaran sentra melalui outdoor learning terhadap perkembangan sains dan kreativitas di Taman Kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasy experiment dengan desain penelitian non equivalent control design. Penelitian ini dilakukan di kecamatan kenjeran Surabaya dengan jumlah sampel sebanyak 97 anak dari TK Aisyiyah 19 Bulak dan TK Aisyiyah Bustanul Athfal 05 kecamatan Kenjeran Surabaya. Sampel dalam penelitian ini terbagi menjadi dua kelompok yakni kelompok kontrol dan eksperimen. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik dengan uji ANOVA dan MANOVA dengan bantuan program SPSS 21.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran sentra melalui outdoor learning berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan sains, hal ini terbukti dari hasil uji ANOVA yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 256.894 lebih besar dari pada Ftabel 3.09, (2) model pembelajaran sentra melalui outdoor learning berpengaruh secara signifikan terhadap kreativitas, hal ini terbukti dari hasil uji ANOVA yang menunjukkan Fhitung sebesar 273.245 lebih besar dari pada Ftabel 3.09, (3) model pembelajaran sentra melalui outdoor learning berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan sains dan kreativitas, hal ini terbukti dari hasil uji MANOVA yang menunjukkan nilai signifikan sebesar Fhitung  sebesar 164.024 lebih besar dari pada Ftabel  3.09. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa 1)Model pembelajaran sentra melalui outdoor learning berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan sains kelompok B TK di Kecamatan Kenjeran Surabaya, 2) Model pembelajaran sentra melalui outdoor learning berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan sains dan kreativitas anak kelompok B TK di Kecamatan Kenjeran Surabaya, 3) Model pembelajaran sentra melalui outdoor learning berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan sains dan kreativitas anak kelompok B TK di Kecamatan Kenjeran Surabaya.

Referensi

Ambrose, Louise and Jen Armstrong. 2009. Early Years Outdoor Learning-“A Toolkit for Developing Early Years Outdoor Provision”. Norfolk County Council.
Arikunto,Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:RinekaCipta.
Bilton, Hellen. 2005. Learning Outdoor “Improving the Quality of Young Children Play Outdoor”. London: David Fulton Publisher.
Colker, Laura J. 2001. The creative Curriculum For Early Childhood. Washington, DC: Teaching Strategies, Inc.
Darmawan, Deni. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Feez, Susan. 2010. Montessori and Early Childhood. London: Sage Publications.
Hoorn, Judith Van, dkk. 2007. Play at the Center of the Curriculum. New Jersey: Merrill Prentice Hall.
Hurlock, Elizabeth. 2010. Perkembangan Anak Jilid I Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga
Kemdiknas. (2010). Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak TK. Jakarta : Kemdiknas RI.
Kemdiknas. 2010. Kumpulan Pedoman Pembelajaran Toman Kanak-kanak. Jakarta: Kemdiknas.
Konstelnik, Marjorie, j., dkk. 2007. Developmentally Appropriate Curriculum, Best Practices in Early Childhood Education. New Jersey: Merrill Prentice Hall.
Quillan, MarkMc, dkk. 2007. A Guide to Early Childhood Program Development. England: Connecticut State Departerment of Education.
Mulyani, Yuni & Juliska Gracinia. 2007. Mengembangkan Kemapuan Dasar Berbahasa, SAINS dan Matematika. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: RinekaCipta.
Nugraha, Ali. 2005. Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. Jakarta : Depdiknas
Purwanto. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Prieto, Maria Dolores, dkk. 2006. Creatve Abilities in Early Childhood. Span: Sage Publications Journal.
Rachmawati, Yenidan Kurniati, Euis. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Supriyanto, D. (2018) “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning”, MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 5(1), pp. 112-129. Available at: http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/313
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suharnan. 2011. Kreativitas (TeoridanPengembangan). Surabaya: Laros.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2005. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Univerasitas Terbuka
Sujiono, Yuliani Nurani. 2013. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.
Sulistyorini, Binti. 2011. Perkembangan Kognitif dan Kreativitas Anak Usia 0-2 Tahun. Makalah Disajika ndalam Perkuliahan Prodi PG PAUD UNM. Malang September 2011.
Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada mediaGrup
Suyanto, dkk. 2005. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
The Natinal Association for the Education of Young Children (NAEYC). 2012. Preschool Program Guide. Houston: University of Houston.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivist. Jakarta: Prestasi Pustaka
Yudhistira, Siska Y. M. 2012. Pendidikan Karakter dengan Metode Sentral. Jakarta: Media Pustaka Sentra.
Yulianti, Dwi. 2010. Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Indeks
Yus, Anita. 2014. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada media Grup.
__________. 2003. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 Tahun 2003) dan Peraturan Pelaksanaannya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
__________. 2009. Panduan Penyelenggaraan Sentra. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
__________. 2013. Virginia’s Foundation Blocksfor Early Learning: Comprehensive Standards for Four-Year-Olds. Richmond, Virginia: the Virginia Department of Education.
Diterbitkan
2019-01-24
Bentuk Sitasi
Ismawati, P. (2019, January 24). Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Melalui Outdoor Learning Terhadap Perkembangan Sains dan Kreativitas Anak Kelompok B di TK Kecamatan Kenjeran Surabaya. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 5(1), 64-78. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v5i1.363
Section
Articles