Pengembangan Kemampuan Mengenal Bilangan Melalui Penerapan Media Kartu Bergambar di RA Insan Madani Punggur Lampung Tengah

  • Uswatun - Hasanah IAIN Metro
  • Aufilana Rahmatika
Kata kunci: kemampuan mengenal lambang bilangan, kartu bergambar bilangan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui bermain kartu angka bergambar anak Kelompok A RA Insan Madani Punggur. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan dalam kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak Kelompok A RA Insan Madani Punggur. Kemampuan kognitif merupakan kemampuan memcahkan masalah dalam suatu pemikiran dan penalaran dengan suatu obyek yang sedang dilihatnya. Kegiatan yang dapat mengembangkan kognitif anak salah satunya adalah pembelajaran dengan menggunakan media kartu bergambar. Pembelajaran dengan menggunakan media kartu bergambar adalah pembelajaran yang dilakukan dengan kartu bertuliskan bilangan atau gambar untuk menyampaikan materi atau pengetahuan kepada anak yang dilakukan dengan arahan guru. Penelitian inti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan guru dan siswa.

Hasil penelitian menunjukkan  bahwa dalam meningkatkan kemampuan kognitif melalui media kartu bergambar bilangan sebagai berikut: 1) Memilih tema yang ingin di capai, 2) Merencanakan bahan ajar yang akan digunakan dalam pembelajaran, 3) Membagi anak dalam beberapa kelompok, 4) Memberikan kesempatan kepada anak untuk bermain kartu angka bergambar, 5) Mengulangi materi dari kegiatan pembelajaran kartu kartu bergambar bilangan.

 

Kata kunci: kemampuan mengenal lambang bilangan, kartu bergambar bilangan.     

 

Diterbitkan
2019-01-24
Bentuk Sitasi
Hasanah, U., & Rahmatika, A. (2019, January 24). Pengembangan Kemampuan Mengenal Bilangan Melalui Penerapan Media Kartu Bergambar di RA Insan Madani Punggur Lampung Tengah. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 5(1), 93-102. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v5i1.408
Section
Articles