Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini melalui Permainan Jump and Crawl

  • Nia Isti Isabela Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Linda Dwiyanti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ridwan Ridwan Universitas Nusantara PGRI Kediri
Kata kunci: Upaya, Motorik Kasar, Jump and Craw

Abstrak

Mengembangkan pendidikan anak usia dini melalui bermain merupakan metode pembelajaran yang paling sesuai yaitu pada rentang usia 0 hingga 6 tahun, Dimana pertumbuhan dan perkembangan seorang anak dalam segala aspek sangat berkembang pesat. Motorik Kasar merupakan aspek terpenting dari beberapa aspek perkembangan anak yang tidak bisa ditinggalkan. DalamĀ  kemampuan motorik kasar anak bisa dikembangkan melalui kegiatan bermain, bermain diharapkan bisa mengembangkan kemampuan motorik kasar anak yaitu melalui permainan modifikasi Jump and Crawl. Permainan Jump and Crawl merupakan salah satu permainan yang didesain untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar anak. Model pembelajaran melalui bermain lebih partisipatif dan menyenangkan untuk anak, hal ini dapat memberikan pengaruh yang baik bagi perkembangan kemampuan motorik kasar anak usia dini. Untuk anak usia 4-5 tahun dalam mengembangkan kemampuan melompat dan merangkak harus sesuai dengan tingkatan capaian usianya. Bentuk salah satu stimulasi permainan yang mampu mengembangkan kemampuan motoric kasar anak adalah permainan Jump and Crawl, dengan menggunakan permainan Jump and Crawl dapat menstimulasi perkembangan kemampuan melompat dan merangkak untuk pengembangan kemampuan anak.

Referensi

Agusriani, A. (2015, April). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar dan Kepercayaan Diri Melalui Bermain Gerak (Penelitian Tindakan di Kelompok B Taman Kanak-kanak Melati Kab. Gowa, Sulawesi-Selatan, Tahun 2015). JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI, 09(1), 33-50.
Aisyah, S. (2010). Perkembangan dan Konsep Dasar Perkembangan Anak Usia. Jakarta: Universitas Terbuka.
Al Hakim, R. M., & Rohmah, L. (2018, Desember). Pengembangan Fisik Motorik Melalui Gerak Tari di Kelompok B RA DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(4).
Augusta. (2012). Pengertian Anak Usia Dini. Anak Usia Dini.
Dwiyanti, L., Khan, R. I., & Kurniawati, E. (2018). Developmen of Smart Adventure Games to Improve the Readiness of the Initial Ability of Reading and Writing (CLIS) on Early Childhood. Jurnal Obsesi, 2(2), 149-154.
Gustiana, A. D. (2011, Agustus). Pengaruh Permainan Modifikasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar dan Kognitif Anak Usia Dini (Studi Kuasi Eksperimen pada Kelompok B TK Kartika dan TK Lab. UPI). Jurnal Edisi Khusus, 2, 191-200.
Lestariningrum, A. (2019). Pengaruh Senam Bebek Berenang Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 3-4 Tahun. Efektor, 6(1), 1-6.
Mulyani, N. (2016). Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia. Jogyakarta: Diva Press.
Nurfa, I., & Hasibuan, R. (2017). Meningkatkan Kemampuan Melompat Melalui Permainan Modifikasi Balon Pada Anak Kelompok A TK Pancamurni I Kertosono Kabupaten Nganjuk. Jurnal PAUD Teratai, 06, 1-6.
Sujiono, & Yuliani, N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.
Suryono, D., & Mahyudin, N. (2015). Dasar-dasar Pendidikan TK. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Yohana, H. R. (2011). Pembelajaran Anak Usia Dini yang Menyenangkan Melalui Bermain.
Yosinta, S. I. (2016). Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Lompat Kodok. Jurnal Ilmiah Potensial, 1, 56-60.
Yulianti, D. (2010). Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT Indeks.
Diterbitkan
2021-01-30
Bentuk Sitasi
Isabela, N., Dwiyanti, L., & Ridwan, R. (2021, January 30). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini melalui Permainan Jump and Crawl. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 7(1), 1-10. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v7i1.720
Section
Articles