Tinjauan Hukum Islam terhadap Produk-produk Bank Syariah terhadap Bagi Hasil dan Faktor-faktor Pendorong Nasabah untuk Menabung dan Percaya kepada Bank Syariah

  • Iko Aji Putranto Universitas Raden Fatah Palembang
  • Bahariya Natalia Universitas Raden Fatah Palembang
  • Maya Panorama Universitas Raden Fatah Palembang

Abstrak

Kegiatan Bank berdasarkan prinsip bagi hasil pada dasarnya merupakan perluasan jasa perbankan bagi masyarakat yang membutuhkan dan menghendaki pembayaran imbalan yang tidak didasarkan pada sistem bunga melainkan atas dasar prinsip bagi hasil. Tingkat bunga merupakan salah satu pertimbangan seseorang untuk menabung atau mendepositokan uangnya pada bank. Tingkat bunga yang tinggi akan mendorong seseorang untuk menabung atau mendepositokan uangnya dan mengorbankan konsumsi sekarang untuk dimanfaatkan dimasa yang akan datang.

Prinsip perhitungan bagi hasil pendapatan sangat penting untuk ditentukan diawal danuntuk diketahui oleh kedua belah pihak yang akan melakukan kesepakatan kerja sama bisnis karena apabila hal ini tidak dilakukan, maka berati telah menjadi gharar, sehingga transaksi menjadi tidak sesuai dengan prinsip syariah.

Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaannya Bank Syariah mengelola dana simpanan mudharabah anggota sesuai dengan prinsip mudharabah yaitu menggunakan prinsip mudharabah muthlaqah. Jadi dana simpanan mudharabah anggota penyimpan dana di Bank Syariah akan dikelola dan dimanfaatkan oleh pihak Bank Syariah dalam bentuk produk-produk pembiayaan yang ditawarkan kepada masyarakat karena pihak shahibul maal telah sepenuhnya mempercayakan simpanannya untuk dikelola oleh Bank Syariah dengan harapan untuk mendapatkan bagi hasil.

Referensi

Arini Mar’atul Husnah. “Skripsi Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan. Kepercayaan. Dan Aksesibilitas Terhadap Kepuasan Nasabah Survei Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Kudus”. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015.
Ascarya. Akad dan Produk Bank Syariah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2015.
Cholid Narbuko dan Abu Achmadi. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
Darsono. L.I. dan Dharmmesta. B.S.. “Kontribusi Involvement dan Thrust in Brand dalam Membangun Loyalitas Pelanggan”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. No 3. Vol 20. 2005:
Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: Diponegoro, 2005.
Doni Juni Priansa. Perilaku Konsumen. Bandung. Alfabeta: 2017.
Endang Tri Wahyuni. “Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Perbankan Syariah”. dalam Jurnal Perbankan. Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta.
Gassenheimer. J.B. and Manolis. Chris. ”The Influence Of Product Customization and Supplier Selection On Future Intention: The Mediating Effects Of Salesperson And Organizational Trust”. Journal Of managerial Issues XIII. No.4. 2001
Herry Sutanto dan Khaerul Umam. Manajemen Pemasaran Bank Syariah. Bandung. Pustaka Setia., 2013.
Ridwan202. Kualitas Pelayanan Dalam Islam. https://ridwan202.wordpress.com /2013/02/11/kualitas-pelayanan-dalam-islam.
Al-Hasni, Fariz. "Akad Mudharabah Mutlaqah dalam Praktik Perbankan Syariah." Mu'amalat: Jurnal Kajian Hukum Ekonomi Syariah 9.2 (2017): 208-222.
Diterbitkan
2022-04-13
Bentuk Sitasi
Putranto, Iko, Bahariya Natalia, and Maya Panorama. ACTIVA: Jurnal Ekonomi Syariah 5, no. 1 (April 13, 2022): 1-12. Accessed August 8, 2022. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/activa/article/view/1150.
Section
Artikel