Pelaksanaan Kunjungan Rumah dalam Mengatasi Masalah Keterlambatan Siswa di Sekolah SMA Tarusan

  • Fitriatul Husna Universitas Negeri Padang
  • Fauza Nabila Universitas Negeri Padang
  • Nur Ulfa Utari Universitas Negeri Padang
  • Nadia Fransiska Universitas Negeri Padang

Abstrak

Kunjungan rumah sangat penting dilakukan jika permasalahan peserta didik tidak dapat ditangani oleh pihak sekolah. Maka hal tersebut akan membuat guru BK untuk melakukan kunjungan rumah terhadap peserta didik yang tidak mematuhi atau pun melakukan peringatan yang telah diberikan oleh guru BK maupun guru lainnya. Kunjungan rumah ini dilakukan untuk mengetahui penyebab apa yang terjadi sehingga peserta didik terlambat untuk datang kesekolah dan juga untuk mengetahui sumber data dari orang tua peserta didik yang bermasalah.

Dalam pelaksanaan penelitian kami menggunakan metode observasi dan wawancara sebagai alat instrumental. Selama melakukan penelitian ini kami menemukan beberapa kasus-kasus yang terjadi di Sekolah SMA TARUSAN. Salah satunya adalah keterlambatan peserta didik ke sekolah. Kami juga melihat betapa kurangnya perhatian guru terhadap peserta didik di sekolah tersebut sehingga terjadi kurannya kedisiplinan waktu para peserta didik. Guru di Sekolah SMA TARUSAN tersebut juga kurang tegas dalam hal menegur peserta didik yang melakukan permasalahan di sekolah. Seperti yang kita ketahui perhatian guru di sekolah terhadap peserta didik sangatlah dibutuhkan. Karena dengan adanya perhatian guru dengan peserta didik, para peserta didik akan merasa nyaman dan akan lebih patuh terhadap peringatan yang diberikan oleh peserta didik tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Mustofa, Anik. 2021. “Pelaksanaan Home Visit Ditengah Pandemi Pada Mata Pelajaran PAI Di SMA NEGERI 1 GLENMORE.”
NOFI, HERDA MARNI. n.d. “Prayitno, Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling , Jakarta: Rineka Cipta, 1999, h. 315 9,” 9–37.
Sambayon, Wees. 2020. “Pelaksanaan Home Visit Dalam Penyelesaian Masalah Siswa Di Smp It Al-Furqon.” Journal of Chemical Information and Modeling 53 (9): 168–69.
Suparyanto dan Rosad (2015. 2020. “済無No Title No Title No Title.” Suparyanto Dan Rosad (2015 5 (3): 248–53.
Diterbitkan
2023-12-27
Bentuk Sitasi
Husna, Fitriatul, Fauza Nabila, Nur Utari, and Nadia Fransiska. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 27, 2023): 160-164. Accessed February 21, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1535.
Section
Articles