Upaya Peningkatan Pengetahuan dan Kreatifitas Siswa Sekolah Dasar dalam Menyusun Pola Lantai pada Pembelajaran Seni Tari

  • Riska Putri Taupik Universitas Negeri Padang
  • Ardipal Ardipal
  • Desyandri Desyandri
  • Vani Qhairum Nisa Utami
Kata kunci: Seni tari, pola lantai, pengetahuan, kreatifitas, siswa.

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pengetahuan dan kreatifitas siswa sekolah dasar dalam menyusun pola lantai dalam seni tari. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengetahuan dan kreatifitas siswa di sekolah dasar dalam menyusun pola lantai dalam seni tari dan memberikan solusi untuk meningkatkan pengetahuan dan kreatifitas siswa dalam menyusun pola lantai. Penelitian dilakukan di SD, dengan subyek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 18 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukan pengetahuan dan kreatifitas siswa dalam menyusun pola lantai umumnya masih rendah. Untuk meningkatkan pengetahuan dan kreatifitas siswa dalam menyusun pola lantai diperlukan sistem pembelajaran yang melibatkan siswa untuk aktif bergerak, mencoba, dan melakukan eksplorasi. Peneliti memberika formula kreatif untuk meingkatkan pengetahuan dan kreatifitas siswa dalam menyusun pola lantai, yaitu strategi MPPM, yaitu pembelajaran yang diawali denngan kegiatan membaca dan mengamati, pengarahan terbimbing, proyek dan mengevaluasi. Dalam tahap pengarahan terbimbing siswa diberikan panduan bagaimana cara menyusun pola lantai dalam tarian dan rambu apa saja yang harus diperhatikan dalam menyusun pola lantai, seperti kesesuaian dengan tema tari, kostum yang dipakai, gerakan tari, dan pesan tari yang disampaikan kepada penonton.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Cahyani, R. (2019). PENERAPAN PEMBELAJARAN TARI KREATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYUSUN POLA LANTAI DI KELAS V/A. Universitas Negeri Jambi, 561(3), S2–S3. https://repository.unja.ac.id/7746/1/repository.pdf
Fauzi, A. R., Zainuddin, Z., & Atok, R. Al. (2017). Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial melalui Discovery Learning. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 79–88. https://doi.org/10.17977/um022v2i22017p079
Kusumastuti, E. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Seni Tari Terpadu Pada Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 7–16. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i1.858
Putri, V. M., Andini, S. R., Mayar, F., & Desyandri. (2022). Penerapan Pembelajaran Kreativitas Pola Lantai Pada Seni Tari untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyusun Pola Lantai di Kelas V. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11221–11226.
Ramdani, A. F., & Restian, A. (2020). Analisis Pembelajaran Tari Tradisional Dalam Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(2), 119–127. https://doi.org/10.17977/um009v29i22020p119
Sa’o, S., Mei, A., Bito, G. S., & Mei, M. F. (2022). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA POLA LANTAI PADA FORMASI TARIAN TEA EKU DAERAH NAGEKEO. 11(3), 1760–1767. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5359
Sandi, N. V. (2018). Pembelajaran Seni Tari Tradisional Di Sekolah Dasar. Jurnal Dialektika Jurusan PGSD, 8(2), 147–161.
Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R & D (25th ed.). Alfabeta.
Sustiawati, N. L., Suryatini, N. K., & Mayun Artati, A. A. A. (2018). Pengembangan Desain Pembelajaran Seni Tari Di Sekolah Dasar Berbasis Localgenius Knowledge Berpendekatan Integrated Learning. Mudra Jurnal Seni Budaya, 33(1), 128. https://doi.org/10.31091/mudra.v33i1.322
Yulianti, N., Sya’idah, N., Desyandri, & Mayar, F. (2022). Pentingnya Penerapan Pembelajaran Seni Tari dalam Membentuk Mental Siswa di Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1877–1882. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4974
Diterbitkan
2023-06-26
Bentuk Sitasi
Taupik, Riska, Ardipal Ardipal, Desyandri Desyandri, and Vani Utami. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 2 (June 26, 2023): 343-351. Accessed May 20, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1642.
Section
Articles