Peningkatan Kualitas Guru sebagai Strategi Penting dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Dasar
Abstrak
Peningkatan kualitas guru merupakan strategi penting dalam mencapai tujuan pendidikan dasar. Artikel ini bertujuan untuk menyoroti pentingnya peningkatan kualitas guru sebagai faktor penentu dalam mencapai tujuan pendidikan dasar yang optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode wawancara terhadap lima orang guru dan analisis literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi, motivasi, dan profesionalisme guru mempengaruhi kualitas pendidikan dasar. Inisiatif seperti pelatihan dan pengembangan profesional, pengakuan dan penghargaan, kolaborasi, serta evaluasi kinerja yang sistematis dapat diambil untuk meningkatkan kualitas guru di tingkat pendidikan dasar. Dengan mengimplementasikan langkah-langkah ini, kita dapat membuka jalan menuju pendidikan dasar yang lebih baik dan memberikan masa depan yang cerah bagi generasi mendatang.
Downloads
Referensi
Aspyannur, Jamal, M., & Alaydrus, A. (2018). Dinas Pendidikan Kota Samarinda Dalam Peningkatan Kualitas Guru (Studi Kasus Sekolah Dasar Negeri 015 Kecamatan Sungai). eJournal Ilmu Pemerintahan, 6(4), 1389–1400. https://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2018/08/Aspyannur Jurnal (08-16-18-01-51-36).pdf
Dwijayanti, V. (2019). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Pelatihan Terhadap Keprofesionalan Guru Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Media Manajemen Pendidikan, 2(2), 289–299. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i2.5011
Hoddin, M. S. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Supervisi Akademik Biro III Pendidikan Dasar dan Menengah di SMA Nazhatut Thullab Sampang. KABILAH : Journal of Social Community, 4(1), 38–47. https://doi.org/10.35127/kbl.v4i1.3627
Irmadani, I. S. (2021). Manajemen Program Peningkatan Mutu Guru Sekolah Dasar Menuju Peningkatan Kualitas Pendidikan Nasional. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru, 5(1), 121–136. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v5i1.9800
Koriati, E. D., Syam, A. R., & Ariyanto, A. (2021). Upaya Peningkatan Kompetensi Profesionalisme Guru Pendidikan Dasar Dalam Proses Pembelajaran. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 5(2), 85–95. https://doi.org/10.24269/ajbe.v5i2.4815
Krisnamurti, I., & Salamah, S. (2022). Implementasi Gerakan Sekolah Menyenangkan dalam Meningkatkan Inovasi Pembelajaran Guru SD. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 275–282. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.390
Nurlaili. (2022). Pelatihan Pembelajaran Media Virtual Untuk Peningkatan Kompetensi Guru di Era Revolusi 4.0 dan Society 5.0 di Sekolah Dasar Swasta IT Darussalam Jl.Pendidikan Ardagusema Kel. Deli Tua Timur Kec. Deli Tua. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 5(1), 194–199. https://e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/pengabdian/article/view/842
Ratna, D. (2022). Pengaruh Sertifikasi Guru, Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Sekolah Dasar Pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen. JURNAL: Kebangsaan, 11(21), 15–20. https://doi.org/https://doi.org/10.55178/jkb.v11i21.174
Rosita, T., Suherman, M. M., & Nurhaqy, A. A. (2022). Keterampilan Kolaborasi Guru Sekolah Dasar Untuk Keberhasilan Pendidikan Inklusif. Warta Pengabdian, 16(2), 75. https://doi.org/10.19184/wrtp.v16i2.23395
Sueca, N. (2018). Evaluasi Kinerja Guru Bidang Kompetensi. http://sim.ihdn.ac.id/app-assets/repo/repo-dosen-092006105427-96.pdf

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.