Strategi Guru dalam Mengembangkan Sikap Toleransi pada Siswa di SMP 1 Muhammadiyah Kartasura

  • Hanida Putri Utami Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Mohammad Zakki Azzani Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Muh Nur Rochim Maksum Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan sikap toleransi peserta didik di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan pendekatan penelitian berupa fenomenologi. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan teknik analis model Miles dan Huberman dengan melalui 3 tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah melakukan berbagai upaya dalam mengembangkan sikap toleransi kepada siswa di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura sehingga peserta didik normal dan berkebutuhan khusus mendapatkan kesempatan dan hak yang sama dalam memperoleh pendidikan. Dari penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa strategi guru dalam menanamkan sikap toleransi peserta didik di sekolah tersebut adalah dengan: penyusunan RPP, memberikan nasihat atau teguran kepada peserta didik, menjadi contoh atau teladan dalam berperilaku, menggunakan metode diskusi kelompok dalam pembelajaran, dan membiasakan semua peserta didik untuk saling berbaur melalui kegiatan rutin sekolah tanpa membeda-bedakan mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

J W Cresswell. 2014. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed diterjemahkan oleh: Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Jumiatmoko. 2018. Peran Guru dalam Pengembangan Sikap Toleransi Beragama pada Anak Usia Dini. Jurnal Agama Islam Vol. 6 (2)
Kurniasih dan Sani. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Bandung: Kata pena
Lind N C. 1994. Some thoughts on the human development index. Social Indicators Research, Vol. 27(1)
Murdiyanto. 2020 Metode Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi) disertasi contoh proposal. Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat
Pendidikan Tafsir. 2005. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya
Sarimaya. 2014. Penanaman Toleransi dan Peduli Sosial dalam Upaya Menetapkan Watak Kewarganegaraan. http://ejurnal.UPI.edu (online), (diakses pada tanggal 25 oktober 2023)
Riasti. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter pada Kelas Inklusi di SD Negeri Widoro Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Basic Education. Vol. 4 (9)
Thamrin. M2017. Manajemen Pemasaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Diterbitkan
2023-12-27
Bentuk Sitasi
Utami, Hanida, Mohammad Azzani, and Muh Rochim Maksum. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 27, 2023): 464-469. Accessed February 21, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2104.
Section
Articles