Implementasi Problem Based Learning (PBL) untuk Mengembangkan Keterampilan Menganalisis Puisi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4-B di SDN Jatingaleh 01 Semarang
Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan menganalisis puisi peserta didik kelas IVB SDN Jatingaleh 01 yaitu dari menganalisis tema, rima, dan majas. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data analisis hasil belajar peserta didik, observasi wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari 27 peserta didik. Hasil penelitian keterampilan menganalisis puisi dari 27 peserta didik menunjukkan hasil analisis datanya adalah Baik. Rata-rata presentase pada indikator data menganalisis puisi adalah sebesar 89,4% dengan kategori Baik, dengan ini, sebagian besar peserta didik kelas IV B mampu menganalisis puisi dengan baik dan benar. Menganalisis puisi merupakan keterampilan yang memberikan wawasan kepada peserta didik dan memiliki implikasi penting dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, serta memberikan pedoman bagi guru dalam merancang pembelajaran yang efektif.
Abstract
This article aims to develop the poetry analysis skills of class IVB students of SDN Jatingaleh 01, namely from analyzing themes, rhymes, and majas. This research is a qualitative study using a descriptive qualitative approach with data collection techniques analyzing student learning outcomes, interview observation, and documentation. The subjects of this study consisted of 27 students. The results of the research on the skills of analyzing poetry from 27 students showed that the results of the data analysis were Good. The average percentage of data indicators analyzing poetry is 89.4% with the Good category, with this, most students in class IV B are able to analyze poetry properly and correctly. Analyzing poetry is a skill that provides insight to students and has important implications in Indonesian language and literature education, as well as providing guidelines for teachers in designing effective learning.
Downloads
Referensi
Arifin, S. (2021). Model PBL (PROBLEM BASED LEARNING) Berbasis Kognitif Dalam Pembelajaran Matematika. CV Adanu Abimata.
Arikunto, S. (2010). Posedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Dewi, B. J. P. R., Karma, I. N., & Muassat, S. (2022). Analisis Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN Ampenan Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6.
Evita Agustin, N., & Zulikhatin Nuroh, E. (2024). Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Keterampilan Menulis Puis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5, 93.
Fathurrohman. (2016). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.
Firda Amalia, R., & Dkk. (2023). Analisis Keterampilan Menulis Puisi Peserta Didik Kelas IV A SD Negeri Bugangan 03. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7.
Hawa, M. (2017). Teori Satra. Penerbit Deepublish.
Kosasih, E. (2012). Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Yrama Widya.
Masruchin, U. N. (2017). Buku Pintar Majas, Pantun dan Puisi. Penerbit Nauli Media.
Nuriyati, T., Falaq, Y., & Dkk. (2022). Metode Penelitian Pendidikan (Teori & Aplikasi).
Nursaada, A., & Rodiyana, R. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Sebagai Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Pada Abad 21. Buletin Ilmiah Indonesia, 2(1), 93.
Putri, E. . (2019). PUISI AKROSTIK: Cara Mudah Membuat Puisi. Goresan Pena.
Rachmadani, F. D. (2017). ANALISIS PENGGUNAAN GAYA BAHASA PADA PUISI KARYA SISWA SMA DI YOGYAKARTA. Pend. Bahasa Dan Sastra –S1, 6.
Sahetapy, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalu Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PJBL) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Ambon. Pedagogika : Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 11, 67.
Wahyunita Savitri, N. P., & Putu Juwana, I. D. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdifirensiasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI Mipa 1 Sman 11 Denpasar. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 13, 97–102.
Wasis Hardaningtiastuti, H. (2023). Model Problem Based Learning Tingkatkan Hasil Belajar IPS. NEM.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.