Pengaruh Model PBL Vs PJBL dan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar PPKn

  • Mya Salsabilla Teknologi Pendidikan, Universitas PGRI Adibuana, Surabaya
  • Rufi’i Rufi’i Teknologi Pendidikan, Universitas PGRI Adibuana, Surabaya
  • Ujang Ujang Teknologi Pendidikan, Universitas PGRI Adibuana, Surabaya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) serta kemampuan berpikir kritis peserta didik terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). PBL adalah model pembelajaran yang berpusat pada pemecahan masalah nyata yang kompleks, sementara PjBL berfokus pada penyelesaian proyek yang mendalam dan berkelanjutan. Kedua model ini dibandingkan untuk melihat efektivitas dalam meningkatkan hasil belajar PPKn. Selain itu, penelitian ini juga mengeksplorasi peran berpikir kritis dalam mendukung pemahaman dan penguasaan materi PPKn.

Abstract

This research aims to analyze the influence of the Problem Based Learning (PBL) and Project Based Learning (PjBL) models as well as critical thinking skills on Pancasila and Citizenship Education (PPKn) learning outcomes. PBL is a learning model centered on solving complex real problems, while PjBL focuses on completing in-depth and sustainable projects. These two models were compared to see their effectiveness in improving PPKn learning outcomes. Apart from that, this research also explores the role of critical thinking in supporting understanding and mastery of PPKn material.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Akhiruddin, Sujarwo, Haryanto Atmowardoyo, and H Nurhikmah. 2019. “Belajar Dan Pembelajaran.” Gowa: Cahaya Bintang Cemerlang: 193–206.
Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2017. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual. Prenada Media.
Bawono, Appri Tri. 2015. “UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN MELALUI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA SISWA KELAS VII-G SMP NEGERI 3 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015.” Universitas PGRI Yogyakarta.
Darmadi, Hamid. 2020. Apa Mengapa Bagaimana Pembelajaran Pendidikan Moral Pancasila Dan Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn): Konsep Dasar Strategi Memahami Ideologi Pancasila Dan Karakter Bangsa. An1mage.
Firmansyah, Eki. 2019. “Penerapan Teknologi Sebagai Inovasi Pendidikan.” In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, , 657–66.
Al Hakim, Riko, Ika Mustika, and Wiwin Yuliani. 2021. “Validitas Dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi.” FOKUS: Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan 4(4): 263–68.
Indonesia, Presiden Republik. 2003. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Jakarta: Kementrian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi.
Kurniasih, Imas, and Berlin Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013: Konsep & Penerapan. Kata Pena.
Lismaya, Lilis. 2019. Berpikir Kritis & PBL:(Problem Based Learning). Media Sahbat Cendekia.
Lubis, Yusnawan, and Dwi Nanta Priharto. 2021. “Buku Panduan Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Untuk SD Kelas IV.” Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Jalan Gunung Sahari Raya (4).
Maulana, Muhammad Iqbal, Trisakti Handayani, and Winanjar Rahayu. 2019. “Peningkatan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Melalui Metode SAS Pada Siswa Kelas II-B Sekolah Dasar.” Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) 7(1): 46–51.
Pursitasari, Indarini Dwi, Bibin Rubini, and Mohamad Iqbal Suriansyah. 2023. Critical Thinking & Ecoliteracy: Kecakapan Abad 21 Untuk Menunjang Sustainable Development Goals. Ideas Publishing.
Rahayu, E P, and AGUS SUPRIJONO. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMAN 1 Tarik.” Avatara e-Journal Pendidikan Sejarah 7(3).
Rahman, Sunarti. 2022. “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.” In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar,.
Savery, John R. 2015. “Overview of Problem-Based Learning: Definitions and Distinctions.” Essential readings in problem-based learning: Exploring and extending the legacy of Howard S. Barrows 9(2): 5–15.
Setiawati, Lilis, Yayat Ruhiyat, and Irwan Djumena. 2019. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn.” JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal 6(2).
Simaremare, Juni Agus, and Natalina Purba. 2021. “Metode Cooperatif Learning Tipe Jigsaw Dalam Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia.”
Sunardin, S. 2019. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Melalui Penerapan Model Project Based Learning.” Indonesian Journal of Educational Studies 21(2): 116–22.
Tafonao, Asiroha Siboro1 Elnanto Debataraja2 Despin. 2022. “Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Quizizz Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik.” Jurnal Kewarganegaraan 6(3).
Tumanggor, Mike. 2021. Berfikir Kritis: Cara Jitu Menghadapi Tantangan Pembelajaran Abad 21. Gracias Logis Kreatif.
Tyas, Retnaning. 2017. “Kesulitan Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Tecnoscienza 2(1): 43–52.
Wahyu, Rahma. 2016. “Implementasi Model Project Based Learning (Pjbl) Ditinjau Dari Penerapan Kurikulum 2013.” Jurnal Tecnoscienza 1(1): 49–62.
Zakiah, Linda, and Ika Lestari. 2019. “Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran.” Bogor: Erzatama Karya Abadi 4.
Zubaidah, Siti. 2019. “Pendidikan Karakter Terintegrasi Keterampilan Abad Ke-21.” Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika 3(2): 1–24.
Diterbitkan
2024-09-22
Bentuk Sitasi
Salsabilla, Mya, Rufi’i Rufi’i, and Ujang Ujang. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 3 (September 22, 2024): 20-36. Accessed October 3, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2544.
Section
Articles