Metode Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kesadaran Sosial pada Siswa di SMA Muhammadiyah Kota Bima

Authors

  • Muhammad Ikhsan Universitas Muhammadiyah Bima
  • Ahmadin Universitas Muhammadiyah Bima
  • Irwan Universitas Muhammadiyah Bima

DOI:

https://doi.org/10.69896/modeling.v12i2.2833

Keywords:

Kesadaran sosial, guru PAI, Metode Pembelajaran, SMA Muhammadiyah,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanamkan kesadaran sosial pada siswa SMA Muhammadiyah Kota Bima, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam proses tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menerapkan metode pembelajaran kontekstual dengan menghubungkan materi keagamaan dengan isu sosial, keteladanan langsung, dan pembelajaran berbasis proyek sosial seperti bakti sosial dan penggalangan dana. Metode ini efektif dalam meningkatkan empati, kepedulian, dan tanggung jawab sosial siswa. Faktor pendukung utama meliputi dukungan sekolah, lingkungan keagamaan yang kondusif, dan partisipasi aktif siswa. Sementara itu, hambatan yang dihadapi antara lain keterbatasan waktu pembelajaran, minimnya sarana prasarana, serta perbedaan tingkat kesadaran sosial antar siswa. Guru PAI mengatasi tantangan tersebut melalui integrasi dengan kegiatan ekstrakurikuler, pemanfaatan sumber daya lokal, dan kolaborasi dengan orang tua serta komunitas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan holistik yang menggabungkan nilai-nilai Islam, inovasi pedagogis, dan dukungan ekosistem pendidikan berhasil menciptakan model penanaman kesadaran sosial yang efektif. Perubahan sikap siswa terlihat dari peningkatan partisipasi dalam aksi sosial dan internalisasi nilai-nilai kepedulian. Temuan ini dapat menjadi referensi bagi pengembangan pendidikan karakter berbasis agama di sekolah-sekolah Muhammadiyah dan institusi pendidikan serupa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angelya, A. A., Nurmalasari, Enggin Rios Saputra, Naziha Amani, Sukatin, & Mashudi Hariyanto. (2022). Pengorganisasian Dalam Manajemen Pendidikan. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 2(3), 97–105. https://doi.org/10.55606/jurima.v2i3.856

Chewae, M. (n.d.). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kesadaran Sosial Pada Siswa di Sekolah Menengah.

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Lapangan. Pre-print Digital Library.

Dermawan, M. A., Lestariono, W., Ratnasari, P., Terbuka, U., Raya, U. P., Palangka, U., & Udara, B. (2024). Jurnal Administrasi Publik ( JAP ) STRATEGI MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK PADA Jurnal Administrasi Publik ( JAP ). 10(2), 81–90.

Karimah, U. F., A’yun, Q., & Safi’i, I. (2022). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penerapan Karakter Toleransi Siswa Di Sma Negeri 2 Malang. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 184–190.

Kholil, A. (2021). Kolaborasi Peran serta Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Daring. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 88–102. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i1.191

Muh. Ikhsan. (2025). Wawancara dengan Guru PAI SMA Muhammadiyah Kota Bima [Personal communication].

Muh. Judrah. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Jider: Journal of Instructional and Development Researches, Vol. 4, No. 1. https://journal.iel-education.org/index.php/JIDeR/article/view/282/284

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Harfa Creative.

Nengsih, A. A., Agusdianita, N., & Oktariya, B. (2024). Analisis Kesulitan Guru Kelas dalam Menerapkan 5 Unsur KSE (Kompetensi Sosial Emosional) pada Saat Proses Pembelajaran di Kelas VI SDN 20 Kota Bengkulu. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3), 273–282. https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91559

Nissa Zahru Oktavianti. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Karakter Kepedulian Sosial Siswa SMP di Yayasan Pendidikan Nurul Hasanah Tembung. Journal Innovation in Education, Vol. 2 No. 4.

Nurjamiah Laila Pandiangan. (2025). Peran Guru PAI dalam Membentuk Kesadaran Sosial Siswa. JURNAL KOMPREHENSHIF, Vol 3. No. 1.

Pendidikan, P., Menumbuhkan, D., Kecamatan, C., & Girek, C. O. T. (2024). Perencanaan pendidikan dalam menumbuhkan kecintaan membaca al- qur’an di gampong ceumpedak kecamatan cot girek. 5(2), 87–97.

Purwaningtyas, F. D., Septiana, Y., Aprilia, H., & Candra, G. (2023). Komunikasi Antar Pribadi Guru Dan Siswa Dalam Memotivasi Belajar Siswa SMP Negeri 13 Bogor. Jurnal Psikologi Wijaya Putra (Psikowipa), 4(1), 1–9. https://doi.org/10.38156/psikowipa.v4i1.84

Rafika Maherah. (2020). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Keagamaan Pada SIswa. At-Ta’lim Media Informasi Pendidikan Islam, Vol. 19, No. 1.

Siraj, D. M. M. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Islami di SDN 8 Syamtalira Aron Abstrak. Prosiding Webinar Nasional Pekan Ilmiah Pelajar, 7, 398–414.

Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah.

Downloads

Published

25-06-2025

Issue

Section

Articles

How to Cite

“Metode Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kesadaran Sosial Pada Siswa Di SMA Muhammadiyah Kota Bima”. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 12, no. 2 (June 25, 2025): 45–57. Accessed September 30, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2833.