Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Energi dan Perubahannya melalui Metode Roleplaying Kelas III MI
DOI:
https://doi.org/10.69896/modeling.v12i2.2889Keywords:
Hasil belajar, Energi dan perubahannya, RoleplayingAbstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode roleplaying pada materi energi dan perubahannya di kelas III MI Islahuddiniyah. Dalam bentuk meningkatkan hasil belajar siswa, Peneliti menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan 4 tahapan yaitu pertama Perencanaan, kedua Pelaksanaan, ketiga Pengamatan, keempat Refleksi. Untuk menganalisis dan membandingkan dari Pra Siklus ke Siklus I hingga Siklus II, peneliti mengumpulkan data melalui observasi, lembar soal, dan dokumentasi yang melibatkan 26 orang siswa 18 laki-laki dan 8 perempuan. Dalam proses penelitian, penilaian ketuntasan siswa pada pra siklus mencapai 19,23% dengan nilai rata-rata 59, pada siklus I penilaian ketuntasan siswa mencapai 42,31% dengan nilai rata-rata 62 dan pada akhirnya siklus II penilaian ketuntasan siswa mencapai 84,62% dengan nilai rata-rata 74. Dari tahapan siklus penelitian tindakan kelas menyimpulkan bahwa menerapkan metode roleplaying pada materi energi dan perubahannya dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III MI Islahuddiniyah.
Downloads
References
Afri Naldi, Reval Oktaviandry, & Gusmaneli Gusmaneli. (2024). Model Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Fokus Peserta Didik. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(2), 133–140. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i2.2938
Annisa, R., Muttaqin, M. F., & Fitriyani, F. N. (2023). Penerapan Nilai Karakter Bersahabat Terhadap Perilaku Bullying Siswa. JISPE Journal of Islamic Primary Education, 4(2), 78-86.
Febianto, D., Nelwati, S., & Dani, A. (2024). Analisis Model Pembelajaran Rolle Playing dan Implikasi dalam Pembelajaran pada Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 2(1), 126–134. https://doi.org/10.69693/ijim.v2i1.177
Fortuna, D., Muttaqin, M. F., & Amrina, P. (2023). Integrasi Karakter Peduli Lingkungan Dalam Program Sekolah Adiwiyata di SDN Cipondoh 5. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 2088-2100.
Hasibuan, L. W. V., Christa, V. S., & Emelda, T. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 095130 Senio Bangun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 217–223.
Jas, J. Achmad, S., S, & Alvi, R., R. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Role Playing Dalam Meningkatkan Perilaku Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Patologi Sosial. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2), 148–159. https://doi.org/10.15294/pls.v4i2.43318
Johariah. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) pada Pembelajaran Sholat Jumat. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram |, 8(2), 2021. https://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jim
Latifah, N., Munandar, K., & Giri Prasetyo, W. (2023). Peningkatan Minat Belajar Melalui Metode Role Playing berbasis PBL pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Bioshell, 12(2), 91–102. https://doi.org/10.56013/bio.v12i2.2386
Mayung, R. A., Tandiayu, W. N., Untu, Z., & Widajanti, A. (2023). SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU TAHUN 2023 e-ISSN: 2829 - 3541. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Tahun 2021, 2020, 105–111.
Muamar Al Qadri, Ahmad Zaki, & Suci Agustin. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Energi dan Perubahannya dengan Menggunakan Metode Bermain Peran di Kelas III SD Negeri 6 No. 050729 Tanjung Pura. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(4), 57–67. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v1.4112
Putri, D. A., Ambarwati, W. T., Nabila, S. Y., & Rosidah, C. T. (2022). Studi Literatur Pembelajaran Role Playing Materi Tata Surya Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 8(1), 198–203.
Renaningtyas, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Materi Energi Dan Perubahannya Melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Tgt Siswa Kelas 5 Sdn Sumberejo 02 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(4), 2015–2030.
Sartika Sari, Andi Sukri Syamsuri, & Aco Karumpa. (2023). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD Inpres Langkowa Kabupaten Gowa. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, 1(3), 288–306. https://doi.org/10.58738/jkp.v1i3192
Simanullang, K., Gultom, V. V., & Syahrial, S. (2024). Meningkatkan Minat Siswa dalam Belajar Menggunakan Metode Role-Playing pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1328–1336. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7316
Simatupang, H., Syahputri, N. D., Joko, F., Purba, W., & Ningsih, A. F. (2024). Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Minat Belajar Biologi Pada Peserta Didik. 4, 13888–13895.
Yusnarti, M., & Suryaningsih, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 253–261. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.89
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kuhrotun Nada, Pebrisa Amrina, Feny Nida Fitriyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.