Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Energi dan Perubahannya melalui Metode Roleplaying Kelas III MI

Authors

  • Kuhrotun Nada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Daarul Qur’an Jakarta
  • Pebrisa Amrina Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Daarul Qur’an Jakarta
  • Feny Nida Fitriyani Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Daarul Qur’an Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.69896/modeling.v12i2.2889

Keywords:

Hasil belajar, Energi dan perubahannya, Roleplaying

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode roleplaying pada materi energi dan perubahannya di kelas III MI Islahuddiniyah. Dalam bentuk meningkatkan hasil belajar siswa, Peneliti menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan 4 tahapan yaitu pertama Perencanaan, kedua Pelaksanaan, ketiga Pengamatan, keempat Refleksi. Untuk menganalisis dan membandingkan dari Pra Siklus ke Siklus I hingga Siklus II, peneliti mengumpulkan data melalui observasi, lembar soal, dan dokumentasi yang melibatkan 26 orang siswa 18 laki-laki dan 8 perempuan. Dalam proses penelitian, penilaian ketuntasan siswa pada pra siklus mencapai 19,23% dengan nilai rata-rata 59, pada siklus I penilaian ketuntasan siswa mencapai 42,31% dengan nilai rata-rata 62 dan pada akhirnya siklus II penilaian ketuntasan siswa mencapai 84,62% dengan nilai rata-rata 74. Dari tahapan siklus penelitian tindakan kelas menyimpulkan bahwa menerapkan metode roleplaying pada materi energi dan perubahannya dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III MI Islahuddiniyah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afri Naldi, Reval Oktaviandry, & Gusmaneli Gusmaneli. (2024). Model Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Fokus Peserta Didik. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(2), 133–140. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i2.2938

Annisa, R., Muttaqin, M. F., & Fitriyani, F. N. (2023). Penerapan Nilai Karakter Bersahabat Terhadap Perilaku Bullying Siswa. JISPE Journal of Islamic Primary Education, 4(2), 78-86.

Febianto, D., Nelwati, S., & Dani, A. (2024). Analisis Model Pembelajaran Rolle Playing dan Implikasi dalam Pembelajaran pada Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 2(1), 126–134. https://doi.org/10.69693/ijim.v2i1.177

Fortuna, D., Muttaqin, M. F., & Amrina, P. (2023). Integrasi Karakter Peduli Lingkungan Dalam Program Sekolah Adiwiyata di SDN Cipondoh 5. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 2088-2100.

Hasibuan, L. W. V., Christa, V. S., & Emelda, T. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 095130 Senio Bangun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 217–223.

Jas, J. Achmad, S., S, & Alvi, R., R. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Role Playing Dalam Meningkatkan Perilaku Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Patologi Sosial. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2), 148–159. https://doi.org/10.15294/pls.v4i2.43318

Johariah. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) pada Pembelajaran Sholat Jumat. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram |, 8(2), 2021. https://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jim

Latifah, N., Munandar, K., & Giri Prasetyo, W. (2023). Peningkatan Minat Belajar Melalui Metode Role Playing berbasis PBL pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Bioshell, 12(2), 91–102. https://doi.org/10.56013/bio.v12i2.2386

Mayung, R. A., Tandiayu, W. N., Untu, Z., & Widajanti, A. (2023). SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU TAHUN 2023 e-ISSN: 2829 - 3541. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Tahun 2021, 2020, 105–111.

Muamar Al Qadri, Ahmad Zaki, & Suci Agustin. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Energi dan Perubahannya dengan Menggunakan Metode Bermain Peran di Kelas III SD Negeri 6 No. 050729 Tanjung Pura. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(4), 57–67. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v1.4112

Putri, D. A., Ambarwati, W. T., Nabila, S. Y., & Rosidah, C. T. (2022). Studi Literatur Pembelajaran Role Playing Materi Tata Surya Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 8(1), 198–203.

Renaningtyas, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Materi Energi Dan Perubahannya Melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Tgt Siswa Kelas 5 Sdn Sumberejo 02 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(4), 2015–2030.

Sartika Sari, Andi Sukri Syamsuri, & Aco Karumpa. (2023). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD Inpres Langkowa Kabupaten Gowa. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, 1(3), 288–306. https://doi.org/10.58738/jkp.v1i3192

Simanullang, K., Gultom, V. V., & Syahrial, S. (2024). Meningkatkan Minat Siswa dalam Belajar Menggunakan Metode Role-Playing pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1328–1336. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7316

Simatupang, H., Syahputri, N. D., Joko, F., Purba, W., & Ningsih, A. F. (2024). Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Minat Belajar Biologi Pada Peserta Didik. 4, 13888–13895.

Yusnarti, M., & Suryaningsih, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 253–261. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.89

Downloads

Published

27-06-2025

Issue

Section

Articles

How to Cite

“Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Energi Dan Perubahannya Melalui Metode Roleplaying Kelas III MI”. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 12, no. 2 (June 27, 2025): 139–150. Accessed September 30, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2889.