Pengaruh Model Experiential Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Pembelajaran IPA Berbasis Isu Lingkungan
DOI:
https://doi.org/10.69896/modeling.v12i3.2947Keywords:
Experiential Learning, Pemecahan Masalah, IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Experiential Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran IPA berbasis isu lingkungan di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian melibatkan siswa kelas IV SDN Balongbendo yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang memperoleh pembelajaran dengan model Experiential Learning berbasis isu lingkungan dan kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji-t independen dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Kelompok eksperimen memperoleh rata-rata posttest sebesar 83,47 dengan peningkatan N-gain 0,61 (kategori sedang), sedangkan kelompok kontrol hanya mencapai rata-rata posttest 68,27 dengan N-gain 0,25 (kategori rendah). Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model Experiential Learning mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa secara lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya penggunaan pengalaman nyata dan kontekstual dalam pembelajaran IPA untuk mendukung pencapaian kompetensi abad ke-21 serta penguatan literasi lingkungan pada siswa sekolah dasar.
Downloads
References
AlJurdi, N. T. (2025). Experiential learning in upper elementary science classrooms. Journal of Experiential Education, 48(1), 23–39.
Brookhart, S. M. (2010). How to assess higher-order thinking skills in your classroom. ASCD.
Fitriani, I., & Subali, B. (2017). Analisis kesulitan siswa sekolah dasar dalam pembelajaran IPA berbasis masalah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 45–53.
Jonassen, D. H. (2011). Learning to solve problems: A handbook for designing problem-solving learning environments. Routledge.
Juriati, J. (2025). Penerapan metode pembelajaran aktif dalam pengembangan minat belajar siswa sekolah dasar. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 12(2), 15–24.
Kemendikbudristek. (2022). Kurikulum Merdeka: Panduan implementasi. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Kolb, D. A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. Prentice Hall.
Mahapatra, S. (2024). Assessing the impact of experiential learning methods in enhancing environmental education among 2nd-grade students in Hyderabad. International Journal of Environmental and Knowledge Systems, 3(8), 112–120.
Polya, G. (1973). How to solve it: A new aspect of mathematical method (2nd ed.). Princeton University Press.
Rahayu, S., & Sudarmin, S. (2015). Pengaruh pendekatan pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SD. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(1), 45–52.
Sadler, T. D. (2011). Socio-scientific issues-based education: What we know about science education in the context of SSI. In T. D. Sadler (Ed.), Socio-scientific issues in the classroom (pp. 355–369). Springer.
Sastrawijaya, T. (2019). Penerapan experiential learning dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 121–130.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. Jossey-Bass.
Wulandari, R., & Widodo, A. (2020). Experiential learning dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 8(1), 12–20.
Yasaroh, S., Wilujeng, I., Atun, S., & Sari, M. I. P. (2023). Environmental literacy profile of students in natural science learning-based experiential. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 14(1), 33–42.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hikmah Luqiyah Kartikasari, Arie Widya Murni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







