Pengaruh Menajemen Berbasis Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan di SDN 1 Bagik Payung Selatan

Authors

  • Nurul Wahidah Kustia Wati Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdatul Ulama (STITNU) Al- Mahsuni, Lombok Timur
  • Muhamad Fahmi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdatul Ulama (STITNU) Al- Mahsuni, Lombok Timur
  • Wawan Kurnia Utama Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdatul Ulama (STITNU) Al- Mahsuni, Lombok Timur

DOI:

https://doi.org/10.69896/modeling.v12i3.2964

Keywords:

Strategi, Kedisiplinan, Faktor Pendukung dan penghambat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Kepala Madrasah Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik di Madrasah Aliyah Al-khair Ambung Masbagik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat aspek utama dalam strategi yang diterapkan : perencanaan, pendekatan, dan pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam implementasi strategi terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung berupa peran aktif guru, kepedulian orangtua, dan sarana prasarana yang mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya berupa kesadaran siswa yang rendah, pengaruh pertemanan, dan pengaruh gadget.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arcaro, J. S. (2005). Quality in Education: An Implementation Handbook. Boca Raton: CRC Press.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks: Sage.

Depdiknas. (2007). Pedoman Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Fattah, N. (2014). Konsep Manajemen Berbasis Sekolah dan Dewan Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Gunawan, I. (2017). Manajemen Pendidikan: Suatu Pengantar Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2017). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslim, A. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Sikap Para Guru terhadap Kepuasan Kerja (Studi Kasus di Ma Palapa Nusantara NW Selebung). CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 1(2), 113-141.

Muslim, A. (2022). Pendidikan Spiritualitas Keagamaan Generasi Alfa pada Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 9(3), 519-535.

Muslim, A., & Rasyidi, A. H. (2020). Filsafat Pendidikan Islam (Sejarah dan Pemikiran). PENERBIT.

Nisa, K. (2019). Mengembangkan Keativitas Anak Melalui kegiatan Menggambar Bebas pada Anak Usia Dini di TK Tunas Harapan 1 Tanjung Sari Nastar Lampung Selatan. Skripsi Sarjana: Tarbiyah dan Keguruan. 18

Nurkolis. (2006). Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model, dan Aplikasi. Jakarta: Grasindo.

Sagala, S. (2018). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Slamet, P. H. (2015). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep dan Implementasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatin, T. (2015). Pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 22(1), 55–67.

Supriyanto, D., Tinggi, S., Tarbiyah, I., Al, N. U., & Mojokerto, H. (2017). PENERAPAN METODE INKUIRI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DI KELAS V MI SALAFIYAH SYAFIIYAH KLINTEREJO SOOKO MOJOKERTO. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/dar%20el-ilmi.v4i1.773

Supriyanto, D., Tinggi, S., Tarbiyah, I., Al, N. U., & Mojokerto, H. (2018a). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 5(1).

Supriyanto, D., Tinggi, S., Tarbiyah, I., Ulama, N., Hikmah, A., & Abstrak, M. (2017a). SEJARAH SINGKAT PSIKOLOGI PENDIDIKAN. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 4(2).

Tilaar, H. A. R. (2012). Manajemen Pendidikan Nasional: Kajian Pendidikan Masa Depan. Jakarta: PT Grasindo.

Usman, H. (2018). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wijaya, D. (2020). Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2),

Yuliani, N. S. (2019). Partisipasi Masyarakat dalam Implementasi MBS untuk Peningkatan Mutu Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1),

Downloads

Published

29-09-2025

Issue

Section

Articles

How to Cite

“Pengaruh Menajemen Berbasis Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan Di SDN 1 Bagik Payung Selatan”. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 12, no. 3 (September 29, 2025): 215–223. Accessed November 27, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2964.