Peningkatan Perkembangan Kognitif dan Sosial Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Ecobrick pada Kelompok A di TK Al-Ikhlas Montong Agung
DOI:
https://doi.org/10.69896/modeling.v12i3.2966Keywords:
Learning, ecobrick project, Cognitive and social developmentAbstract
This study was conducted with the aim of knowing the improvement of cognitive and social development of Early Childhood using ecobrick project-based learning. As well as the application of ecobrick project-based learning. The research method used is qualitative research, this study was conducted at Tk Al-Ikhlas Montong Agung. The research subjects were group A children at Tk Al-Ikhlas Montong Agung. The data collection methods used were observation, interviews and documentation. Then from the results of observations and interviews that there was an increase in cognitive and social development of early childhood, during the first observation of 11 children there were 7 children who had not developed optimally in cognitive and social development of children, after the teacher implemented ecobrick project-based learning from 11 children only 4 children had not achieved optimal development. Thus, 70% of Group A at Al-Ikhlas Kindergarten has achieved success in class. Interview results also indicate that in terms of cognitive development, children are able to understand and learn to manage waste. They are able to utilize the waste around them to create useful items. Meanwhile, in terms of social development, children are willing to socialize with friends, participate in group activities, and cooperate with their friends.
Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan kognitif dan sosial Anak Usia Dini menggunakan pembelajaran berbasis proyek ecobrick. Serta penerapan pembelajaran berbasis proyek ecobrik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, penelitian ini dilakukan di Tk Al-Ikhlas Montong Agung. Subjek penelitian adalah anak kelompok A di Tk Al-Ikhlas Montong Agung. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawanacara dan dokumentasi. Kemudian dari hasil observasi dan wawancara bahwasannya adanya peningkatan perkembangan kognitif dan sosial anak usia dini, saat observasi pertama dari 11 anak terdapat 7 anak yang belum berkembang secara optimal dalam perkembangan kognitif dan sosial anak, setelah guru menerapkan bembelajaran berbasis proyek ecobrick dari 11 anak hanya 4 anak yang belum mencapai perkembangan secara optimal. Sehingga 70% sudah kelompok A di Tk Al-Ikhlas sudah mencapai keberhasilan dalam kelas, begitu juga dengan hasil wawancara yang menunjukkan bahwa dalam perkembangan kognitifnya anak sudah mampu memahami dan belajar mengelola sampah, anak mampu memanfaatkan sampah di sekitarnya menjadi barang yang bermanfaat, sedangkan dalam perkembangan sosialnya anak sudah mau bergaul dengan teman, mau ikut dalam kegiatan berkelompok, dan mau bekerjasama dengan temannya.
Downloads
References
Amelia, N., & Aisya, N. (2021). Model Pembelajaran berbasis proyek ecobrick (Project Based Learning) dan Penerapannya pada Anak Usia Dini di TK IT Al-Farabi. BUHUTS AL ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 1(2), 181-199.
Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).
Badriyah, E. S., & Samiaji, M. H. (2023). Penggunaan Media Loose Part dalam Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1), 1-8.
Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku sosial emosional anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181-190.
Dewi, N. W. E. P., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran berbasis proyek ecobrick Terhadap Kemampuan Kerjasama Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(3), 261-271.
Mahfud, C., Prasetyawati, N., Suarmini, N. W., Agustin, D. S. Y., Hendrajati, E., Supriyanto, D., Al, S., & Mojokerto, H. (2020). RELATIONSHIP OF CITIZENSHIP EDUCATION, PANCASILA AND RELIGIOUS CHARACTER. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2).
Muawanah, F., Supriyanto, D., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Al, S., & Mojokerto, H. (n.d.). PEMANFAATAN BENDA MANIPULATIF DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE (STUDENT ACHIEVEMENT DIVISION TEAMS) STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI SALAFIYAH SYAFI’IYAH I.
Muslim, A. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Sikap Para Guru terhadap Kepuasan Kerja (Studi Kasus di Ma Palapa Nusantara NW Selebung). CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 1(2), 113-141.
Muslim, A. (2022). Pendidikan Spiritualitas Keagamaan Generasi Alfa pada Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 9(3), 519-535.
Muslim, A., & Rasyidi, A. H. (2020). Filsafat Pendidikan Islam (Sejarah dan Pemikiran). PENERBIT.
Nisa, K. (2019). Mengembangkan Keativitas Anak Melalui kegiatan Menggambar Bebas pada Anak Usia Dini di TK Tunas Harapan 1 Tanjung Sari Nastar Lampung Selatan. Skripsi Sarjana: Tarbiyah dan Keguruan. 18
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
Susetiyo, A., Arifin, B., Supriyanto, D., Al, S., & Mojokerto, H. (n.d.-a). DINAMIKA PELUANG DAN TANTANGAN KURIKUKULUM MERDEKA PADA SEKOLAH DASAR.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurul Hidayah, Sopian Ansori, Baiq Desi Arfini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







