Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Sunggal
DOI:
https://doi.org/10.69896/modeling.v12i3.3001Keywords:
Realistic Mathematics Approach, Student Learning Outcomes, Number PatternsAbstract
This study aims to determine the effect of a realistic mathematics approach on student learning outcomes and to determine whether students' mathematics learning outcomes who are given a realistic mathematics approach achieve the minimum completeness criteria, namely 75. Learning outcomes are defined as a measure of students’ success in mastering school subject, expressed in scores obtained from test results. The study was conducted at SMP Negeri 2 Sunggal in the 2025/2026 academic year using a quasi-experimental method with a purposive sampling technique. The research sample was class VIII-1 as the experimental class, and class VIII-2 as the control class. The results showed that there was a significant increase in the learning outcomes of students in the experimental class, with an average pretest score of 39.37 and a posttest score of 79.58, in the control class the average pretest score was 40.83 and a posttest score of 72.91. Based on the results of data analysis using a one-way t-test on the difference between the two means, it is known that the null hypothesis (H0) is rejected. This means that there is a significant difference between the learning outcomes of students taught using the Realistic Mathematics Approach and conventional learning. The mathematical learning outcomes of students taught using the Realistic Mathematics Approach are better than those taught using conventional learning. The results of this study show that the percentage of classical graduation of students who achieved a minimum completeness criterion score of 75 who were treated with the Realistic Mathematics Approach was 80% and the percentage of classical graduation of students who achieved a minimum completeness criterion score of 75 who were treated with conventional learning was 53.3%.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar siswa dan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang diberi pendekatan matematika realistik mencapai kriteria ketuntasan minimal yakni 75. Hasil belajar adalah ukuran tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari materi pembelajaran di sekolah yang dinyatakan dalam skor yang diperoleh dari hasil tes. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sunggal pada tahun ajaran 2025/2026 dengan metode quasi eksperimen dengan teknik pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling. Sampel penelitiannya adalah kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa kelas eksperimen, dengan rata-rata skor pretest 39,37 dan skor posttes 79,58, pada kelas kontrol rata-rata skor pretest 40,83 dan posttest 72,91. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t satu arah terhadap perbedaan dua rata-rata, diketahui bahwa hipotesis nol (H0) ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikansi antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Pendekatan Matematika Realistik dengan pembelajaran biasa. Hasil belajar matematis siswa yang diajar menggunakan Pendekatan Matematika Realistik lebih baik dibandingkan siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa. Hasil penelitian ini menunjukkan persentase kelulusan klasikal siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal 75 yang diberi perlakuan dengan Pendekatan Matematika Realistik adalah sebesar 80% dan persentase kelulusan klasikal siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal yang diberi perlakuan dengan pembelajaran biasa adalah sebesar 53,3%.
Downloads
References
Astuti, A. (2018). Penerapan realistic mathematic education (RME) meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 49–61. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.32
Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi pendekatan realistic mathematics education (RME) dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 65–72.
De Lange, J. (2004). Mathematical literacy for living from OECD-PISA perspective. OECD-PISA.
Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan pembelajaran. Rineka Cipta.
Fakhrurrozi, F., & Gultom, S. (2023). Pengaruh peningkatan kemampuan representasi matematika dengan menerapkan pendekatan matematika realistik di SMP Swasta Islam Terpadu Al-Hijrah Deli Serdang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 438–443. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19017
Faot, M., & Amin, S. (2020). Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) terhadap hasil belajar siswa. Mathedunesa, 9(1), 55–60.
Faryanti, & Bodan. (2015). Pengaruh pendekatan RME terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik SD melalui pembelajaran tematik-integratif. Jurnal Prima Edukasia, 3, 227–238.
Gravemeijer, K. (1994). Developing realistic mathematics education. Freudenthal Institute.
Hasratuddin. (2021). Pengembangan model pembelajaran matematika realistik dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SMP di Kota Medan. Jurnal, 11(1).
Huda, M. (2014). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Ilmiyah, N. H., & Sumbawati, M. S. (2019). Pengaruh media Kahoot dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. JIEET: Journal of Information Engineering and Educational Technology, 3(1), 46–50.
Mali, M. D., & Son, A. L. (2023). Pembelajaran melalui pendekatan pendidikan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP. IPM: Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 117–124.
Ningrum, S. S., Siregar, B. H., & Panjaitan, M. (2023). Pengembangan LKPD digital interaktif dengan pendekatan matematika realistik (PMR) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi aritmatika sosial kelas VII. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 766–783. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1838
Nooryanti, S. (2020). [Judul artikel tidak tersedia]. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1).
Nurwahidin, P., & Palmuri. (2012). Meningkatkan hasil belajar matematika melalui pendekatan matematika realistik. Jurnal Sigma, 4(1).
Purba, G. F. (2022). Implementasi pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) pada konsep merdeka belajar. Sepren, 4(1), 23–33. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i01.732
Putri, I. S. M., Amri, S., & Anggraini, R. S. (2024). Penerapan pendidikan matematika realistik (PMR) pada materi satuan panjang. Edumatic, 5(1), 9–14. https://doi.org/10.21137/edumatic.v5i1.1053
Rangkuti, A. N. (2016). Meningkatkan hasil belajar matematika melalui pendekatan matematika realistik. Jurnal, 4(4).
Septiana, A., Amin, I. I., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi literatur: Pendekatan pendidikan matematika realistik dalam pembelajaran matematika. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(2), 343–350.
Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya (Edisi II). Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2006). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Sinar Baru Algesindo.
Sugiman. (2011). Peningkatan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan matematika realistik.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & R&D. Alfabeta.
Sumodiharjo, F., Monoarfa, J. F., & Mangobi, J. U. (2023). Eksperimentasi model pembelajaran matematika realistik pada materi garis dan sudut. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.55606/jurripen.v2i1.735
Zulkardi, Z., Putri, R. I. I., & Wijaya, A. (2020). Two decades of realistic mathematics education in Indonesia. In M. van den Heuvel-Panhuizen (Ed.), International reflections on the Netherlands didactics of mathematics: Visions on and experiences with realistic mathematics education (pp. 325–340). Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-030-20223-1_18
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Juli Agina Br. Surbakti, Hasratuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







