Hubungan Disiplin Belajar dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar PKn pada Materi Kebebasan Mengemukakan Pendapat Siswa Kelas VII di SMPS Cinta Nusa Sentul Kabupaten Bogor

  • Hari Indrawijaya Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Arrahmaniyah Depok

Abstrak

This research aims to know the relationship of the discipline of study and interest in learning with the learning outcomes of this Research using a PKn. survey methods, namely: "research done on large or small populations, but the data is studied sample data drawn from the population, so that relative events found, distribution, and relations between psychological or sociological variables ". Following is the result of research: (1) the discipline of Learning (X 1) is associated with a very strong and positive Learning Outcomes PKn (Y) on the material freedom suggested in Sentul Subdistrict Nusa Tenggara Cinta SMPS Babakan Madang, Bogor regency to the value correlation of 0.947. (2) interest in Learning (X 2) connect the positive and very strong against the Learning Outcomes PKn (Y) on the material freedom suggested in Sentul Subdistrict Nusa Tenggara Cinta SMPS Babakan Madang, Bogor regency to the value of the correlation of 0.835. (3) the discipline of Learning (X 1) and interests (x 2) Learning together associated positive and very strong against the Learning Outcomes PKn (Y) on the material freedom suggested in Sentul Subdistrict Nusa Tenggara Cinta SMPS Babakan Madang, Bogor regency to the value correlation of 0.851.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Aqib, Zainal. 2010. Penelitian Tindakan Kelas Untuk SD, SLB, TK. Yrama Widya. Bandung.
Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VD). PT Renika Cipta. Jakarta.
----------. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Bumi Aksara. Jakarta.
BSNP. 2006. Panduan penyusunan Kurikulum tingkat satuan pendidikan Jenjang pendidikan dasar dan menengah. BSNP. Jakarta.
Djamarah dan Zain, Aswan. 2013. Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta. Jakarta.
Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Ar-ruzz Media. Yogyakarta.
Gunawan, Muhamamad Ali. 2013. Statistik Penelitian Pendidikan. Parama Publishing. Yogyakarta.
Hamdayana, Jumanta. 2015. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Ghalia Indonesia. Bogor.
Heruman. 2008. Model Pembelajaran PKn di SMP. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paragdigmatis. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Isjoni. 2013. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Jaya, Eko Prayoga. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Tulang Bawang Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. Universitas Lampung.
Kasmadi dan Sunariah, Nia Siti. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Alfabeta. Bandung.
Khasanah, Faridhatul. 2014. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Teka-teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Metro Timur. Universitas Lampung.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. PT Refika Aditama. Bandung.
Kurniasih dan Sani, Berlin. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena.
Majid, Abdul. 2015. Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Masitoh. 2009. Strategi Pembelajaran. Departemen Agama Republik Indonesia. Jakarta.
Muawanah, F., & Supriyanto, D. (2018, March 5). Pemanfaatan Benda Manipulatif dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (Student Achievement Division Teams) STAD terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di MI Salafiyah Syafi’iyah I. PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education, 3(2), 108-119
Purwanto, M. Ngalim. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. PT Remaja Rosdakarya Offset. Bandung.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Satyawan, Hari. 2011. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa pada Materi Pokok Kubus dan Balok Kelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang Tulunggagung Tahun Ajaran 2010/2011. STAIN Tulungagung. ( tanggal akses, Jum’at 14 Oktober 2016 @ 19.25 WIB).
Siregar, Syofian. 2013. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Remaja Rosdakarya. Jakarta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.
----------. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
----------. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta. Bandung.
Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM (revisi). Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group. Jakarta.
Suwangsih, Erna, Tiurlina. 2006. Model Pembelajaran PKn. UPI PRESS. Bandung
Tim Penyusun. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Depdiknas. Jakarta.
----------. 2009. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem
Pendidikan Nasional. Sinar Grafika. Jakarta.
Winataputra, S. Udin. 2008. Minat belajar. Universitas Terbuka. Jakarta.
Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Kencana. Jakarta.
Diterbitkan
2018-09-30
Bentuk Sitasi
Indrawijaya, Hari. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 5, no. 2 (September 30, 2018): 202-212. Accessed March 29, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/339.
Section
Articles