Pembelajaran Tematik yang Ideal di SD/MI

  • Sun Haji Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Abstrak

Anak usia sekolah / 6-12 tahun disebut masa sekolah, karena anak sudah menamatkan taman kanak-kanak sebagai lembaga persiapan bersekolah yang sebenarnya. Disebut masa matang untuk belajar, Karena anak sudah berusaha untuk mencapai sesuatu, tetapi, perkembangan aktivitas bermain yang hanya bertujuan untuk mendapatkan kesenangan pada waktu melakukan aktivitas itu sendiri. Disebut masa matang untuk sekolah, karena anak sudah menginginkan kecakapan-kecakapan baru, yang dapat diberikan oleh sekolah (Nasution Noehi, 1993: 44). Menurut Banett, dkk., karakteristik anak usia SD, antara lain sebagai berikut. (1) Mereka secara alamiah memiliki rasa ingin tahu yang kuat dan tertarik akan dunia sekitar yang mengelilingi diri mereka sendiri. (2) Senang bermain dan lebih suka bergembira. (3) Suka mengatur dirinya untuk menangani berbagai hal, mengeksplorasi suatu situasi dan mencoba usaha-usaha baru. (4) biasanya tergetar perasaannya dan terdorong untuk berprestasi sebagaimana mereka tidak suka mengalami ketidakpuasan dan menolak kegagalan-kegagalan. (5) Belajar secara efektif ketika merasa puas dengan situasi yang terjadi. (6) Belajar dengan cara bekerja, mengobservasi, berinisiatif dan mengajar anak-anak lainnya ( Mulyani Sumantri & Nana Syaodih, 2000: 12).

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Supriyanto, D. (2017). Penerapan Metode Inkuiri pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) di Kelas V MI Salafiyah Syafiiyah Klinterejo Sooko Mojokerto. Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan, Dan Humaniora, 4(1),
Diterbitkan
2015-03-21
Bentuk Sitasi
Haji, Sun. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 2, no. 1 (March 21, 2015): 56-69. Accessed October 25, 2021. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/47.
Section
Articles