Pemanfaatan Media Berbasis Komputer untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia Dini

  • Luluk Rochanah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Abstrak

Kemampuan mengenal huruf  pada  anak usia 4-5 tahun TK Alfaradis sidoarjo belum dapat berkembang secara optimal karena guru menggunakan  metode  kurang bervariasi dan tidak diikuti dengan pemberian stimulasi (merangsang) motivasi pada anak. Jika pembelajaran relevan dengan dunia anak, mereka akan dengan senang hati anak bertahan dalam kegiatan itu dan termotivasi untuk mempelajarinya. Oleh karena itu sangat penting bagi guru untuk memberi kesempatan kepada anak untuk melihat bagaimana membaca dan menulis itu bermanfaat sebelum mereka dibelajarkan bentuk dan nama huruf. Hal itu seharusnya bermakna bagi anak artinya  huruf tersebut harus dimanfaatkan oleh anak dalam kehidupan riil sehari-hari, yaitu dengan pemberian rangsangan  untuk memotivasi anak mengenal huruf dengan memanfaatan media komputer. Belajar dengan media komputer melahirkan suasana yang menyenangkan karena anak dapat mengendalikan kecepatan belajar sesuai dengan kemampuan, gambar  berwarna  dan suara yang muncul membuat anak tidak cepat bosan,  merangsang belajar lebih tekun,  kreatif dan mandiri. Pemanfaatan media komputer merupakan salah satu alternatif media yang digunakan dalam melakukan pembelajaran agar lebih menyenangkan anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.
Diterbitkan
2015-09-03
Bentuk Sitasi
Rochanah, Luluk. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 2, no. 2 (September 3, 2015): 1-7. Accessed October 4, 2023. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/60.
Section
Articles