Model Pembelajaran Pendidikan Islam Emansipatoris

  • Ahmad Ali Riyadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Abstrak

Kajian ini mengkaji gagasan model pembelajaran pendidikan Islam Emansipatoris. Model pembelajaran ini menekankan kepada Islam sebagai agama yang mampu menghadirkan dimensi kemanusiaan. Wacana yang dikembangkan terjadi pergeseran paradigma, yaitu pergeseran tema yang mengalihkan perhatian pada pemahaman mateir pembelajaran agama yang bersifat teologis (teosentrisme) menuju pembelajaran yang bersifat riil (antroposentrisme). Tema-tema yang diusung lebih menekankan tema-tema tentang Islam sebagai agama lewat penafsiran progresif terhadap problem-problem kemanusiaan kontemporer melalui penelusuran doktrin, sejarah dan kajian kontemporer untuk menemukan makna Islam yang mampu menjawab persoalan-persoalan kemanusiaan sebagai upaya kontekstualisasi pemahaman agama.

Downloads

Download data is not yet available.
Diterbitkan
2015-09-03
Bentuk Sitasi
Riyadi, Ahmad. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 2, no. 2 (September 3, 2015): 26-33. Accessed October 4, 2023. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/63.
Section
Articles