Pemaparan Gagasan dalam Makalah Mahasiswa

  • Tatik Swandari Institut Pesantren KH. Abdul Chalim, Mojokerto, Indonesia
Kata kunci: pemaparan gagasan, pengorgansisasian, model pemaparan, keakurasian, makalah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemaparan gagasan dalam makalah mahasiswa progam studi pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang. Sesuai dengan tujuan tersebut penelitian ini difokuskan pada (1) sistematika pemamaparan gagasan, (2) model pemaparan gagasan, dan (3) keakurasian paragraf dalam makalah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis teks. Data penelitian ini adalah data nonnumerik yang berwujud paparan bahasa. Data penelitian ini bersumber dari makalah mahasiswa Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Univesitas Kanjuruhan Malang. Data tersebut dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam wujud klasifikasi dan kategorisasi sesuai dengan fokus yang diteliti dan karakteristik ragam datanya. Penafsiran dan penyimpulan temuan penelitian dilakukan secara induktif berdasarkan ragam data yang sudah terklasifikasi dan terkategorisasi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa mahasiswa memiliki sistematika, model, dan keakurasian yang beragam dalam pemaparan gagasan pada makalah yang ditulisnya.

Referensi

Akhadiah, S. 1991. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga. Akhadiah, S. 1999. Pembinaan Kemampuan Menulis. Jakarta: Erlangga.
Arifin, Z. 1988. Evaluasi Instruksional Prinsip - Teknik - Prosedur. Bandung: Remaja Karya.
Beckett, G. H. and Miller, P. C. 2006. Project–Based Second and Foreign Language Education. Cincinnati: Information Age Publishing. Inc.
Danial, A. R. E. 2001. Penulisan Karya Ilmiah: Salah Satu Pandunan untuk Mahasiswa dan Guru PPKN dalam Mengembangkan Profesi melalui Karya Tulis Ilmiah. Bandung: Ath- thoyyibiyah.
Gebhardt, R. C. & Rodrigues, D. 1989. Writing Processes and Intentions. Massachusetts: D. C. Heath and Company.
Hairston, M. C. 1981. Successful Writing: A Rhetoric for Advanced Composition. New York: W. W. Norton & Co.
Muslich, M. dan Maryaeni. 2013. Bagaimana Menulis Skripsi?. Jakarta: Bumi Aksara. Nunan, D. 2004. Task-Based Language Teaching. London: Cambridge University Press. Setiawan, B. 2010. Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa. Salatiga: Widyasari Press.
Suyitno, I. 2012. Menulis Makalah dan Artikel. Bandung: Refika Aditama.
Suyono, Amaliah R., Ariani D., Luciandika A. 2015. Cerdas Menulis Karya Ilmiah. Malang: Gunung Samudera.
The Liang Gie. 2002. Terampil Menulis. Yogyakarta: Andi Offset.
Wardhani, IGAK et.al (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Widjono. 2007. Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: Penerbit Grasindo.
Diterbitkan
2021-11-30
Bentuk Sitasi
Swandari, T. (2021, November 30). Pemaparan Gagasan dalam Makalah Mahasiswa. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(2), 31-49. Retrieved from https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/1062
Section
Articles