Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum

  • Sabran Sabran UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Kata kunci: Nilai, Multikultural, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Pendidikan multikultural yang memiliki esensi untuk mengedukasi tentang bagaimana kita memahami dan menerima keanekaragaman sebagai suatu keniscayaan, oleh hal ini dirasa tepat ketika nilai-nilai pendidikan multikultural ditanamkan pada setiap mata pelajaran, termasuk mata pelajaran PAI yang merupakan sendi pokok pengetahuan yang membentuk kepribadian seseorang. Hal ini membuat penulis ingin meneliti bagaimana penanaman dan dampak dari penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural terhadap siswa di SMP Negeri 15 Samarinda. Metode digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yaitu Kepala SMP Negeri 15 Samarinda, Guru PAI dan siswa SMP Negeri 15 Samarinda yang beragama Islam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan uji keabsahan terhadap data hasil penelitian dengan kredibilitas dan juga menggunakan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian menunjukkan, dalam melakukan penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural guru memakai metode ceramah, tanya jawab, diskusi, pembiasaan dan keteladanan. Hasil penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural terhadap siswa yaitu munculnya sikap toleran, saling menghormati, gotong royong dan tidak bermusuhan satu sama lain.

Referensi

Adya, Wahyu. “Penanaman Nilai-nilai Multikultural dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Rembang Tahun Pelajaran 2017/2018”, dalam Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, No.2, Vol. 2017.
Ainul, M. Yaqin. Pendidikan Multikultural, Yogyakarta: Pilar Media, 2005.
An Nahlawi, Abdurrahman. Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat, Jakarta: Gema Insani Pers, 2005.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Darajat, Zakiyah. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara. 1992.
Fitri, Agus Zaenul. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika di Sekolah, .Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
H.H., Demirel, dan Akpınar,K .D.,. “Multicultural Education and Its Impact on Language Development: The Case of Military Cadets” at TMA. Jurnal International Online Journal of Education and Teaching (IOJET), No. 2, Vol. 3. 2016.
Ibrahim, Rustam. “Pendidikan Multikultural”, jurnal ADDIN, No. 1, Vol. 7. 2013.
Majid, Abdul, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012
Muliadi, Erlan. “Urgensi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural di Sekolah,” Jurnal Pendidikan Islam, No. 1, Vol. 1. 2012.
Mulyono. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural,” jurnal El- Wasathiya, No 1. Vol 7. 2019 .
Mustafida, Fita. Pendidikan Islam Multikultural, Depok: PT. Raja Grafindo Persada, 2020. Mujib, Abdul. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2006
Naim, Ngainun dan Achmad Sauqi. Pendidikan Multikultural Konsep dan Aplikasi Yogyakarta: Ar-ruzz Media, 2011.
Novayani, Irma. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis Multikultural,” jurnal Tadrib, No. 2, Vol. 3. 2017.
Nurul Bilad, Muhammad. Konsep Pendidikan Multikultural dalam Prespektif Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Al- Misbah (Analisis Surat Al- Hujurat ayat 13)UIN Malang. 2016.
Pendidikan Nasional, Departemen. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2008.
Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam , Jakarta: Kalam Mulia, 2005
Sanjaya, Wina. Penelitian Pendidikan: Jenis Metoe dan Prosedur, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.
Syaodih, Nana Sukmadina. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2010.
Tri Kurniadi, Muhammad. Nilai-nilai multikultural dan penanamannya dalam Budaya Sekolah di SMP Negeri 1 Kalasan Sleman Yogyakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2014.
Uhbiati, Nur. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan Islam, Semarang, PT Pustaka Rizki Putra. 2016
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab 1, Pasal 1.
Ungguh, Muliawan Jasa. Metodelogi Penelitian Pendidikan ; Dengan Studi Kasus, Yogyakarta: Gava Media. 2014.
Waskito, Tejo. “Pendidikan Multikultural Perspektif al-Qur‟an, Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, No. 02, Vol. 14. 2018.
Widyawati, Ratna. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai Multikultural (Studi lapangan di SMA 4 kota Magelang). Universitas Muhammdiyah Magelang. 2013.
Diterbitkan
2022-11-04
Bentuk Sitasi
Sabran, S. (2022, November 4). Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(2), 1-21. Retrieved from https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/1399
Section
Articles