Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX MTs Al-Fatah Mojosari Mojokerto

  • Azmil Mukhibbatul Bariroh Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Kata kunci: CTL, Motivasi, Prestasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Perencanaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas IX MTs Al-Fatah Mojosari Mojokerto; (2) Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas IX MTs Al-Fatah Mojosari Mojokerto; (3) Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas IX MTs Al-Fatah Mojosari Mojokerto.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Al-Fatah Mojosari Mojokerto sejumlah 48 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan angket sebagai teknik pengumpul data pokok, sedangkan dokumentasi sebagai teknik pengumpul data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan content analysis dan comparative

Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi, ditemukan bahwa model pembelajaran CTL pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas IX MTs Al-Fatah Mojosari Mojokerto belum sesuai dengan sintaks dan prinsip-prinsip pembelajaran CTL, sehingga motivasi belajar dan prestasi belajar siswa terbilang rendah. Untuk itu peneliti membuat draft rancangan model pembelajaran CTL yang sesuai dengan sintaks dan prinsip-prinsip pembelajaran CTL dan divalidasi oleh ahli pembelajaran, supervisor pendidikan dan praktisi pendidikan. Implementasi pembelajaran Al-Qur’an hadits dengan model pembelajaran CTL yang dikembangkan dilaksanakan dengan baik oleh guru, sesuai dengan sintaks dan prinsip-prinsip pembelajaran CTL; Berdasarkan hasil analisis terhadap hasil angket, dimana selisih rata-rata antara sebelum dan sesudah diimplementasikan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) yang dikembangkan adalah berbeda, maka dinyatakan terdapat pengaruh/ efektifitas model pembelajaran CTL yang dikembangkan terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas IX MTs Al-Fatah Mojosari Mojokerto.

Saran yang diberikan adalah guru hendaknya selalu konsisten dalam menerapkan model pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kondisi siswa, karena ketidak konsistenan dalam menerapkan model pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kondisi siswa dapat berpengaruh negatif terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa.

Referensi

Aggarwal, J.C. Essentials of Educational Technology, 3rd Edition New Delhi: Vikas, 2014.
Bada, Steve Olusegun. “Constructivism Learning Theory: A Paradigm for Teaching and Learning”. IOSR Journal of Research & Method in Education. Volume 5. Issue 6 Ver. I, 2015.
Berns, R. G. and Erickson, P. M, "Contextual Teaching and Learning: Preparing Students for the New Economy". The Highlight Zone: Research @ Work No. 5, 2001.
Bhatia, BD and Craig, Margaretta. Elements of Psychology and Mental Hygiene for Nurses in India Hyderabad: Orient Longman, 2005.
Broussard, S. C., & Garrison. “The relationship between classroom motivation and academic achievement in elementary school-aged children”. Family and Consumer Sciences Research Journal, 332, 2004.
David Jerner Martin, Kimberly S. Loomis. Building Teachers: A Constructivist Approach to Introducing Education, Belmont, CA: Wadsworth, 2007.
Deci, E. L., Koestner, R., & Ryan, R. M. “A meta-analytic review of experiments examining the effects of extrinsic rewards on intrinsic motivation”. Psychological Bulletin, 1256, 1999.
Delapan Perangkat Pembelajaran Madrasah Tsanawiyah Al-Fatah Mojosari Mojokerto Tahun 2016.
Djamarah, Syaiful Bahri. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Expectancy, Oliver, R. Theory Predictions of Salesmen's Performance. Journal of Marketing Research, 11, 1974.
Farsani, Maryam Eslami. Et.al.. “The study of relationship between spiritual intelligence with personality traits among physical education managers in Isfahan province” Advances in Applied Science Research. Vol 4 No. 4 2013.
Frederick Guay, et al. “Intrinsic, identified, and controlled types of motivation for school subjects in young elementary school children” British Journal of Educational Psychology, 804, 2010.
Gagne, Robert M. and Briggs, Leslie J. and Wager, Walter W. Principles of instructional design, Fourth Edition, Fort Worth. Philadelphia. San Diego. New York: Harcourt Brace College Publishers, 1979.
Gall, Meredith D., Gall, Joyce P. and Walter R. Borg. Educational Research: an Introduction, 7th Edition. Boston: Allyn & Bacon, 2003.
Gottfried, A. E., , J. S. Fleming & A. W Gottfried, 2001 “Continuity of academic intrinsic motivation from childhood through late adolescence: A longitudinal study”, Journal of Educational Psychology, 931.
Gunawan, Imam, and Anggarini Retno Palupi. "Taksonomi Bloom–revisi ranah kognitif: kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan penilaian." Premiere Educandum, Vol. 2 No.2, 2016.
Hakim, Lukmanul. Perencanaan Pembelajaran. cet. Ke-2. Bandung: Wacana Prima, 2008.
Hakim, Tursan. Belajar secara Efektif. Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara, 2005.
Hasibuan, M. Idrus. "Model Pembelajaran CTL Contextual Teaching and Learning", Logaritma Vol. II, No.01, 2014.
Hudson, Clemente Charles and Whisler, Vesta R. “Contextual Teaching and Learning for Practitioners. Systemics”. Cybernetics and Informatics. Vol. 6 No. 4, 2007.
Irham, Muhammad dan Wiyani, Novan Andy. Psikologi Pendidikan : Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media, 2013.
Johnson, Elaine B. Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It's Here to Stay California: Corwin Press, 2002.
Hasibuan, Idrus. “Model Pembelajaran CTL Contextual Teaching Learning”. Logaritma. Vol. II. No.01, 2014.
Kurniawan, Sugeng. Tesis: Pembelajaran Pendidikan Islam Berbasis Kontekstual Surabaya, 2007.
Keller, J.M. Motivation and Instructional Design: A Theoretical Perspective. Journal of Instructional Development, Vol. 2, No. 4, 1979.
Keller, J.M. An Integrative Theory of Motivation, Volition, and Performance. Technology, Instruction, Cognition, and Learning, 6, 2, 2008.
Lachman, Sheldon J. "Learning Is a Process: Toward an Improved Definition of Learning", The Journal of Psychology, Vol. 131, No. 5,1997.
Landy, Frank J. and Becker, Wendy S. “Motivation Theory Reconsidered” Research in Organizational Behavior, Vol. 9, 8, 1987.
Lankard, B. A. “New Ways of Learning in the Workplace”. Eric Digest No. 161, 1995.
Maslow, A. H.. Motivation and Personality New York: Harper, 25, 1954.
Maunah, Binti. Ilmu pendidikan Yogyakarta: Teras, 2009.
Nana Sujana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2005.
Nelson, Karma Grace. "Developing a Professional Learning Community Among Mathematics Teachers on Two Montana Indian Reservations" Dissertation--Montana State University. Bozeman. Montana, 2006.
Piaget, Jean. "The Psychology of Intelligence and Education", Childhood Education. Volume: 42, Issue: 9, 1966.
Raco, Josef dan Semiawan, Conny R. Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo, 2010.
Robert L. Linn, et al. Student Learning, Student Achievement: How Do Teachers Measure Up? Arlington: National Board for Professional Teaching Standards, tt.
Saradjar, M. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Hidakarya Agung, 1996.
Satriani. et al. "Contextual Teaching and Learning Approach to Teach Writing". Indonesian Journal of Applied Linguistics. Vol. 2 No. 1, 2012.
Skinner, B.F., About Behaviorism New York: Vintage Books.
Saradjar, M. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Hidakarya Agung. 1996.
Schniederjans, Dara and Schniederjans, Marc. “Equity Theory Based Strategies for Students on Overcoming Problems in Ph.D. Dissertation Committees", International Journal of Doctoral Studies, Vol. 7, 2012.
Setyosari, Punaji. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Jakarta: Kencana, 2010.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.
Sugiyono. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta, 2016.
Sumiati dan Asra. Metode Pembelajaran. Cet. Ke-2. Bandung: CV Wacana Prima, 2008.
Syarifuddin, Ahmad. "Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya". Ta’dib, Vol. XVI, No. 01, 2011.
Thompson, Claudette. "Critical Thinking across the Curriculum: Process over Output". International Journal of Humanities and Social Science. Vol. 1 No. 9, 2011.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP UPI. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Grasindo. Intima, 2007.
Turner, J. C. “The Influence of Classroom Contexts on Young Children’s Motivation for Literacy”, Reading Research Quarterly, 303, 1995.
Umam, Khoirul, Peranan mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan pemahaman serta pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri Malang 1, Tesis UIN Malang, 2008.
Vygotsky, L. S. Thought and Language. Cambridge: MIT Press, 1962.
Waluya, Bagja. Sosiologi: Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat. Bandung: PT Setia Purnama Inves, 2007.
W. S. Winkel. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi, 2004.
Yuslem, Nawir. Ulumul Hadis. Jakarta: PT. Mutiara Sumber Widya. 2001.
Diterbitkan
2022-11-10
Bentuk Sitasi
Bariroh, A. (2022, November 10). Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX MTs Al-Fatah Mojosari Mojokerto. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(2), 34-45. Retrieved from https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/1403
Section
Articles