Pemanfaatan Media Sosial untuk Sosialisasi Moderasi Beragama

  • Fathur Rohman UIN Sunan Ampel Surabaya

Abstrak

Pluralisme merupakan bagian dari bangsa Indonesia yang multikultural. Sebagai agama mayoritas, Islam telah mengajarkan konsep moderasi agama yang dewasa ini telah berpadu dengan perkembangan teknologi internet, khususnya media sosial. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menunjukkan konsep, potensi, dan contoh dari pemanfaatan media sosial dalam meningkatkan sosialisasi moderasi beragama di Indonesia. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil dan pembahasan yang didapatkan berupa deskripsi mengenai moderasi agama dari sudut pandang Islam, profil media sosial, dan pemanfaatannya dalam melakukan sosialisasi moderasi beragama melalui konten dan literasi. Kesimpulan yang didapatkan berupa media sosial merupakan wadah yang efektif dalam melakukan sosialisasi moderasi beragama dengan pedoman dari Al-Quran dan ajaran Islam.

Referensi

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kuliatatif. In Patta Rapanna (Ed.), CV. Syakir Media Press. Syakir Media Press. https://books.google.com/books/about/Metode_Penelitian_Kualitatif.html?hl=id&id=JtKREAAAQBAJ
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/EDUMASPUL.V6I1.3394
Amin, A. (2018). TOLERANSI DALAM ISLAM. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 1(02), 240–256. https://doi.org/10.36670/ALAMIN.V1I2.11
Bayu, D. (2022, Februari 16). Sebanyak 86,9% Penduduk Indonesia Beragama Islam. DataIndonesia.id. https://dataindonesia.id/ragam/detail/sebanyak-869-penduduk-indonesia-beragama-islam
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.
Fahri, M., & Zainuri, A. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. Intizar, 25(2), 95–100. https://doi.org/10.19109/INTIZAR.V25I2.5640
Hamdi, S., Munawarah, & Hamidah. (2021). Revitalisasi Syiar Moderasi Beragama di Media Sosial: Gaungkan Konten Moderasi untuk Membangun Harmonisasi. jurnal.radenfatah.ac.id, 166. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/8191
Indonesia, P. R. (1965). PENETAPAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 1 TAHUN 1965 TENTANG PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN DAN/ATAU PENODAAN AGAMA.
Irsadhatul Ummah, I. (2021). Urgensi Syiar Moderasi dalam Bingkai Kerukunan Beragama melalui Media Sosial. prosiding.iainkediri.ac.id, 4. http://prosiding.iainkediri.ac.id/index.php/pascasarjana/article/view/69
Kemenag. (n.d.). Al-Quran. Diambil 9 Februari 2023, dari https://quran.kemenag.go.id/
Kemenang. (2020). Peta Jalan (Roadmap) Tahun 2020-2024 PENGUATAN MODERASI BERAGAMA. Jakarta: Kementerian Agama RI
Kosasih, E., Raharusun, A. (2019). Literasi media sosial dalam pemasyarakatan moderasi beragama dalam situasi pandemi Covid-19. core.ac.uk, 2(1). https://core.ac.uk/download/pdf/327164557.pdf
Mahdi, M. I. (2022, Februari 25). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. DataIndonesia.id. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022
Novia, W. (2020). Penggunaan Media Sosial dalam Membangun Moderasi Beragama di Masa Pandemi Covid-19 di Kota Tangerang. journal.uinsgd.ac.id. https://doi.org/10.15575/hanifiya.v3i2.10017
Nurafrianti, Siti. 27 Juli 2022. Kepala Kemenag Gunungkidul Sampaikan 9 Konsep Kunci Moderasi Beragama. Diakses 10 Maret 2023 dari Gunungkidulkemenang.com: https://gunungkidul.kemenag.go.id/berita/detail/kepala-kemenag-gunungkidul-sampaikan-9-konsep-kunci-moderasi-beragama#:~:text=Kepala%20Kemenag%20Gunungkidul%2C%20Drs.%20H,Komitmen%20kebangsaan%2C%20Toleransi%2C%20Anti%20kekerasan
Pratiwi, P. S., Seytawati, M. P., & Hidayatullah, A. F. (2021). Moderasi Beragama dan Media Sosial (Studi Analisis Konten Instagram & Tik-Tok). journal.iaincurup.ac.id. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JDK/article/view/2959
Romi, J., Saragih, P., Novalina, M., Pakiding. (2021). Menggaungkan Moderasi Beragama melalui Media Sosial. sttpb.ac.id, 166. https://www.sttpb.ac.id/e-journal/index.php/prosiding/article/view/517/0
Tersiana, A. (2018). Metode Penelitian (S. Adams (ed.)). Anak Hebat Indonesia. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=rmL2DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA42&dq=metode+penelitian&ots=FuLv5tpIrN&sig=ArA7QzyxR0NRZz1UhCGY7w0qsvw&redir_esc=y#v=onepage&q=metode penelitian&f=false
Wibowo, A. (2019). Kampanye Moderasi Beragama di Facebook: Bentuk dan Strategi Pesan. jurnal.lp2msasbabel.ac.id, 5(1), 2614–0217. https://www.jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/edu/article/view/971
Wibowo, R. (2021). Aktualisasi Moderasi Beragama Abad 21 Melalui Media Sosial. ejournal.uin-suska.ac.id, 11. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/madania/article/view/13870
Diterbitkan
2023-11-28
Bentuk Sitasi
Rohman, F. (2023, November 28). Pemanfaatan Media Sosial untuk Sosialisasi Moderasi Beragama. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 332-349. Retrieved from https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/1858
Section
Articles