Pendidikan Islam: Membangun Generasi Unggul dalam Bingkai Kebijakan Pendidikan yang Holistik

  • Amrullah Amrullah UIN Sunan Ampel Surabaya

Abstrak

Pendidikan Islam merupakan salah satu aspek penting dalam pembentukan generasi yang unggul dan berkarakter di Indonesia. Dalam konteks ini, pendidikan Islam tidak hanya sekedar mengajarkan ajaran agama, tetapi juga membentuk individu yang memiliki kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual yang seimbang. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk terus memperbaiki dan mengembangkan sistem pendidikan Islam yang holistik, kreatif, dan cerdas agar dapat memenuhi tuntutan zaman yang terus berkembang.

Pendidikan Islam yang holistik mencakup berbagai aspek kehidupan, mulai dari pengetahuan agama, akhlak, keterampilan, hingga pemahaman tentang ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam pendidikan Islam yang holistik, peserta didik tidak hanya diajarkan tentang ajaran agama, tetapi juga diberikan pemahaman tentang ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan dengan perkembangan zaman. Dengan demikian, peserta didik akan memiliki pengetahuan yang komprehensif dan dapat mengintegrasikan nilai-nilai agama dengan ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari.

Referensi

al Attas, Naquib. Filsafat Dan Praktik Pendidikan Islam. Bandung: Mizan, 2013.
Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam Tradisi Dan Modernisasi Di Tengah Tantangan Milenium III. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.
Fakhrudin, Agus. “Nilai-Nilai Karakter Dalam Kebijakan Nasional Pengeloaan Guru.” In The First Internatonal Conference on Islamic Education, 71–72. Bandung: Prodi Pendidikan Ilmu Agama Islam UPI, 2016.
Hasan Sulaiman, Fathiyah. Al-Mahabut Tarbawi Inda Al-Ghazali (Sistem Pendidikan Versi Al-Ghazali. Edited by Fathurrahmat. Bandung: Al Ma’arif, 1986.
Khobir, Abdul. “Pendidikan Agama Islam Di Era Globalisasi.” Forum Tarbiyah 1, no. 1 (2009): 5–6. Miller, Jhon P. Holistic Learning and Spirituality Education, Braeking New Ground. New York AS: State University of New York Press, 2005.
Muhaimin, Suti’ah, and Nor Ali. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Edited by Siti Lailan Azizah. Bandung: Rosda Karya, 2012.
Nata, Abuddin. Kapita Selekta Pendidikan Islam. 1st ed. Depok: PT Raja Grafindo Persada, 2012.
———. Studi Islam Komperhensif. Jakarta: Prenada Media Grup, 2011.
———. Teori Dan Perilaku Organisasi Pendidikan Islam. Jakarta: UIN Jakarta Press, 2011.
Shindunata. Menggagas Pardigma Baru Pendidikan Demokratisasi, Otonomi, Civil Society, Globalisasi. Yogyakarta: Kanisius, 2000.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosda Karya, 1997.
Diterbitkan
2023-05-24
Bentuk Sitasi
Amrullah, A. (2023, May 24). Pendidikan Islam: Membangun Generasi Unggul dalam Bingkai Kebijakan Pendidikan yang Holistik. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 74-86. Retrieved from https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/1866
Section
Articles