Inovasi Pembelajaran Berbasis Multimedia di MAN Sidoarjo
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendidikan agama Islam menggunakan media multimédia dan kendala yang dihadapi di MAN Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian deskriptif adalah jenis penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan gejala, peristiwa, atau peristiwa saat ini. Penelitian kualitatif melihat perspektif partisipan tentang strategi yang interaktif dan dapat disesuaikan. Untuk mengumpulkan data, observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan. Setelah data dikumpulkan, mereka kemudian dianalisis melalui analisis reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah menggunakan teknologi multimedia seperti video, gambar, PowerPoint, dan Microsoft Word, serta komputer dan teknologi telekomunikasi. Mereka juga telah menerapkan proses pembelajaran PAI sesuai dengan RPP dan teori pembelajaran Gagne. Sebanyak 92% siswa menunjukkan respons positif. Ditunjukkan bahwa siswa lebih tertarik dengan pembelajaran melalui multimedia dibandingkan dengan pembelajaran hanya melalui ceramah dan cerita. 4) Ditemukan bahwa beberapa kendala yang dihadapi guru dan kebijakan yang mereka gunakan untuk mengatasi kendala tersebut belum sepenuhnya tepat.
Referensi
Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Daradjat, Zakiyah, dkk. 2009. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
2008. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Darmawan, Deni. 2013. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Miles dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI)
Mujib, Abdul dan Dian Andayani. 2005. Pendidikan Agma Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Pribadi, Benny. 2017. Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Rusman dan Deni Kurniawan. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Suprihatiningrum, Jamil. 2017. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA
Thoha, Chabib, dkk. 1999. Metodologi Pengajaran Agama. Yogyakarta: IAIN Walisongo Semarang dan Pustaka Pelajar
Trianto. 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana
UU RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Zainiyati, Husniyatus Salamah. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Jakarta: Kencana.