PENGENALAN KARYA TULIS ILMIAH DALAM MEMBANGUN BUDAYA MENULIS ILMIAH SISWA MA. RIYADLUS SHOLIHIN
KARYA TULIS ILMIAH
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengenalan karya tulis ilmiah dilaksanakan dan dampaknya terhadap pengembangan budaya menulis ilmiah di kalangan siswa MA. Riyadlus Sholihin. Karya tulis ilmiah berperan sebagai media pengembangan kemampuan berpikir kritis, analitis, dan kreatif, serta menjadi sarana penting untuk mengkomunikasikan hasil pemikiran secara sistematis dan terstruktur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan subjek terdiri dari siswa dan guru yang terlibat dalam program pengenalan karya tulis ilmiah.fukus penelitian disini meliputi 1) Pengenalan Karya Tulis Ilmiah, 2) Tantangan dalam Proses Penulisan Karya Tulis Ilmiah, 3) Dampak dan Implikasi terhadap Budaya Menulis di Kalangan Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan karya tulis ilmiah di MA. Riyadlus Sholihin telah memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan minat dan keterampilan menulis siswa. Penerapan yang sistematis dan berkelanjutan dapat membangun budaya menulis ilmiah yang kuat pada siswa untuk menjadi individu yang kritis, inovatif, dan siap berkontribusi dalam masyarakat. Penelitian ini mengidentifikasi strategi efektif yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa secara menyeluruh, yang diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di lembaga tersebut.
Referensi
Dassucik, D., Ahmad Hafas Rasyidi, Tri Astindari, & Siti Rohmah. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Ma Sarji Ar Rasyid Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(9), 6577–6582. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i9.4972
Lubis, M. S., Rahimah, A., & Lubis, I. S. (2019). KEMAMPUAN MENULIS KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA (Dr Rabiyatul Adawiyah (ed.)). Penerbitan dan Percetakan CV Berkah Prima.
Miqawati, A. H., Wijayanti, F., & Aisyiyah, S. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Meningkatkan Daya Saing Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat Dan Penelitian Pranata Laboratorium Pendidikan Politeknik Negeri Jember Tahun 2019, 22–25. https://publikasi.polije.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1687
Mubarok, M. S., Waldy Kariman, M., Salam, F., Silcilia, P., Fiqri Muzahidat, S., Faruk Romdoni, S., Rahmat, A., Ridwan Firdaus, M., Fahmi Assidiq, M., Saptahadi Ilmasik, H., Esa Saputra, R., Subarkah, A., Nurhasna Fauziyah, R., Ramadhan, S., Beni Okta Sari, C., Idris Purnama, F., Ezar Benandika, M. R., Zayin, R., Mu’min, M., … Zulfa Faiha, H. (2023). Peningkatan Pemahaman Karya Tulis Ilmiah Bagi Siswa Madrasah Aliyah Miftahul Anwar. Jurnal PkM MIFTEK, 4(2), 113–118. https://doi.org/10.33364/miftek/v.4-2.1469
Mubarok, Y., Nurhuda, Z., & Iskandari, Y. (2022). Pelatihan Penulisan Ilmiah Di Sekolah Menengah Kejuruan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(4), 3148. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i4.9451
Mulyani, M., & Nugroho, B. A. (2019). WORKSHOP PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU. 1(1).
Nasrodin1, Riza Faishol2, Muhammad Royyan3, R. D. S. (2024). OPTIMALISASI PENULISAN KARYA ILMIAH PADA ERA DIGITAL BAGI SISWA. ABDI KAMI, 7(1), 45–61.
Nayasilana, I. N., Masyithoh, G., & Apriyanto, D. (2022). Seminar Nasional Pengabdian dan CSR Ke-2 Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret , Surakarta Karya Ilmiah Kreatif sebagai Pengembangan Bakat Literasi Sastra pada Siswa KIR SMAN 5 Surakarta Seminar Nasional Pengabdian dan CSR Ke-2 Fakultas Pertanian U. 19–24.
Pramiastuti, O., Rejeki, D. S., & Pratiwi, A. (2020). Pengenalan Dan Pelatihan Sitasi Karya Ilmiah Menggunakan Aplikasi Mendeley. Jurnal Abdimas Bhakti Indonesia, No1, 1(1), 24–30.
Sahudra, T. M., Fadlia, F., & Firdaus, C. R. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. Majalah Ilmiah UPI YPTK, 3(1), 97–102. https://doi.org/10.35134/jmi.v29i2.121
Sapira Madina. (2023). PENGEMBANGAN BUDAYA LITERASI MELALUI KARYA TULIS ILMIAH UNTUK MEMBENTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 PRAYA BARAT DAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Nucl. Phys.
Widayanti, L., Rahayu, W. A., Kala’lembang, A., & Fitria, V. A. (2022). Penguatan Budaya Literasi Melalui Karya Ilmiah Siswa-Siswi SMK Mahardika Malang Karangploso. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 145–152. https://doi.org/10.32815/jpm.v3i1.1222