Peningkatan Motorik Halus Anak Kelompok A Melalui Pembuatan Minuman Tradisional Bahan Alam Di Tk Muslimat Miftahul Huda Tejowangi Purwosari Pasuruan
Keywords:
Motorik Halus, Bahan Alam, Minuman TradisionalAbstract
Latar belakang penelitian ini kegiatan keterampilan motorik halus kurang diminati anak karena monoton, dan kurangnya penggunaan media, dan kreativitas guru dalam pembelajaran membuat anak merasa bosan dan malas. Salah satu media dapat dimanfaatkan adalah bahan alam untuk pembuatan minuman tradisional, agar mengenal minuman yang sehat dan mengasah motorik halus anak. Dengan subjektif 15 anak yaitu 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi hasil karya anak. Alat yang digunnakan adalah lembar instrument penilaian dan observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Penilaian ini dilakukan melalui 3 siklus dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dengan hasil pra tindakan BSH sebanyak 11% pada siklus 1 meningkat menjadi 44%, siklus 2 meningkat menjadi 64% dan siklus 3 meningkat menjadi 87%. Dari perolehan persentase siklus 3 membuktikan penelitian ini telah mencapai indikator keberhasilan yaitu motorik halus anak mengalami peningkatan ?80%. Hal ini disimpulkan pemanfaatan bahan alam pembuatan tradisional untuk meningkatkan motorik halus anak di TK Muslimat Miftahul Huda Tejowangi Purwosari Pasuruan meningkat dengan baik sekali.
References
Departemen Agama RI. 2019. Al-Quran Terjemahan. Bandung: CV. Darus Sunnah.
Fauziah, Nadia. 2013. Penggunaan Media Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. PG PAUD FIP Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI - Vol. 8, No.1, Juni 2013
Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.
Ismawati, P., Maulida, S., & Maysaroh, U. (2021, January 30). Efektivitas Pembelajaran Daring terhadap Perkembangan Fisik Motorik Anak di RA Nurul Hikmah Ketemas Dungus Puri Mojokerto. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 7(1), 20-33. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v7i1.722
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Pusat
Setia.
Miftahillah, As’adah. 2023. Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Kelompok A Melalui Boneka Jari Islami Di Tk Tunas Harapan Bangsa Parasrejo Pohjentrek Pasuruan.
Miller, D.L. 2009. Young children learn through authentic play in a nature explore classroom. Diakses dari situs http://www.dimensionsfoundation.org/research/authenticplay.pdf
Latif, Mukhtar, dkk. 2014. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Lingga, L. 2013. Indonesian Traditional Herbal Drinks. PT Gramedia Pustaka Utama.
Sumantri. 2010. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktoral Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi
Utsmani, M Mujib. Hasanah, Maulidiatul. 2021. Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita (Studi Kasus: Di RA Al-Falah Karang Sentul Kecamatan Gondang Wetan Kabupaten Pasuruan). Jurnal SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Volume 3, Nomor 2, November 2021.
Whittaker, H. 2004. Accesing series sciences in action 2 (6-7) volume 2. UK: Folen Publisher.