Analisis Kesulitan Siswa Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Fungsi Komposisi Kelas XI SMAN 3 Probolinggo

  • Husnia Husnia IAD Probolinggo
  • Nuryami Nuryami IAD Probolinggo
  • Husnul Hotimah IAD Probolinggo
  • Kurnia Dwi A IAD Probolinggo
  • Moh. Wahyudi IAD Probolinggo
Kata kunci: kesulitan belajar, matematika, fungsi komposisi

Abstrak

Jurnal ini membahas masalah yang dihadapi siswa saat menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan fungsi komposisi. 35 siswa dari kelas XI SMA Negeri 3 Probolinggo yang dipilih secara acak untuk menjadi subjek penelitian ini. Penelitian ini bersifat kualitatif, dan datanya terdiri dari informasi tentang tantangan yang dihadapi siswa. Selain itu, persentase digunakan untuk menunjukkan tingkat kesulitan berdasarkan jenis tantangan. Untuk mengumpulkan data, dilakukan wawancara dan tes uraian sebanyak enam soal untuk memverifikasi masalah dan faktor penyebabnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga komponen matematika yang memengaruhi kesulitan siswa saat pengoprasian, pemahaman, konsep.  Persentase kesulitan ini disaaat memahami konsep adalah 36%, yang tergolong rendah; kesulitan dalam memahami konsep  soal tersebut  adalah 37%, yang juga tergolong rendah; dan kesulitan dalam operasi adalah 27%, yang juga tergolong rendah. Terdapat dua jenis faktor yang memengaruhi kesulitan siswa. Yang pertama adalah faktor internal dari siswa itu sendiri, yang mencakup aspek intelektual, kesehatan, emosional, minat, dan konsentrasi belajar; yang kedua adalah faktor eksternal, yang mencakup metode pengajaran guru serta faktor sosial dan ekonomi dari orang tua.

Referensi

N. Rahmah, “Hakikat Pendidikan Matematika,” Al-Khwarizmi J. Pendidik. Mat. dan Ilmu Pengetah. Alam, vol. 1, no. 2, pp. 1–10, 2018, doi: 10.24256/jpmipa.v1i2.88.
L. Ma, D. Anggreini, and A. Waluyo, “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi,” vol. 1, no. 2, pp. 151–164, 2017.
S. S. Rifai, “Analisis Kesulitan Siswa Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Komposisi Fungsi Dan Invers Fungsi Kelas XI Sma Negeri 8 Bulukumba Kabupaten Bulukumba,” 2016.
N. Kusumaningrum and H. U. Kaltsum, “Jurnal basicedu,” J. basicedu, vol. 6, no. 3, pp. 4913–4924, 2022.
E. Kusumawati and F. Aulia, “IDENTIFIKASI KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL FUNGSI KOMPOSISI PESERTA DIDIK KELAS X KEUANGAN SMK NEGERI DI BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2016/2017,” EDU-MAT J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 2, Mar. 2018, doi: 10.20527/edumat.v5i2.4639.
L. Ariyanto, D. A. P, and I. Dwijayanti, “Pengembangan Android Apps Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII,” vol. 2, pp. 40–51, 2019.
E. N. Yulianti, N. D. Rahmawati, and F. X. D. Purwosetiyono, “Analisis kesulitan siswa dalam mengerjakan soal matematika pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers ditinjau dari motivasi belajar,” no. 2017, pp. 37–41, 2021.
S. Fatmasari, I. Aziz, and U. A. F. A. Hasyim, “Scidac Plus Scidac Plus,” Berk. Ilm. Pendidik., vol. 4, no. 1, pp. 28–34, 2024.
M. J. Sidik, H. Hendriana, and R. Sariningsih, “Analisis Kesalahan Siswa Smp Kelas Ix Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Saat Menyelesaikan Soal Berpikir Kritis,” JPMI (Jurnal Pembelajaran Mat. Inov., vol. 1, no. 5, p. 837, 2018, doi: 10.22460/jpmi.v1i5.p837-846.
S. Silaban, Dasar-dasar pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan alam, no. October. 2017.
I. Nuraini and A. Afifurrahman, “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Persamaan Kuadrat,” J. Math Tadris, vol. 3, no. 2, pp. 15–31, 2023, doi: 10.55099/jmt.v3i2.89.
Y. Ardiawan, “Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Induksi Matematika di IKIP PGRI Pontianak,” J. Pendidik. Inform. dan Sains, vol. 4, no. 1, pp. 147–163, 2015, [Online]. Available: https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php.
Widayanti, L., Rahayu, W. A., Kala’lembang, A., & Fitria, V. A. (2022). Penguatan Budaya Literasi Melalui Karya Ilmiah Siswa-Siswi SMK Mahardika Malang Karangploso. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 145–152. https://doi.org/10.32815/jpm.v3i1.1222
Diterbitkan
2024-11-20
Bentuk Sitasi
Husnia, H., Nuryami, N., Hotimah, H., Dwi A, K., & Wahyudi, M. (2024, November 20). Analisis Kesulitan Siswa Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Fungsi Komposisi Kelas XI SMAN 3 Probolinggo. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 15-29. Retrieved from https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/2597
Section
Articles