KEGIATAN BERMAIN PERAN MAKRO DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN PADA KELOMPOK A DI RA BRAWIJAYA TROWULAN MOJOKERTO
Keywords:
Bahasa, Metode Bermain PeranAbstract
Pengembangan bahsa anak memang perlu ditingkatkan, salah satunya adalah dengan metode bermain peran terhadap bahan pengembangan yang dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan bermain peran makro untuk menerapkan dalam mengembangkan bahasa anak di RA Brawijaya kelompok A.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di RA Brawijaya Trowulan bahwa kegiatan bermain peran sudah berhasil sesuai yang diharapkan. Kecerdasan linguistik anak sudah berkembang sesuai harapan.
Kata Kunci: Bahasa, Metode Bermain Peran
References
Jahja, Yudrik, Psikologi perkembangan, Jakarta: Kencana, Cetakan Pertama 2013
Musfiroh, Tadkiroatun, Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Dalam Buku 2: Pendidikan Guru Taman Kanak Kanak. Yogyakarta : Panitaia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 11. Kementerian Pendidikan Nasional, UNY, 2010
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Widiyoko. Pelaksanaan Pendidikan Kesehatan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat pada Anak Usia Dini. Jurnal Shautut Tarbiyah, IAIN Raden
Intan Lampung 2014