Mengembangkan Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal dalam Kerangka Filsafat Pendidikan Islam

  • Gianto Gianto Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda
  • Sunanik Sunanik Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda
Kata kunci: Pendidikan berbasis kearifan lokal, filsafat pendidikan Islam, karakter, identitas budaya, pembelajaran

Abstrak

Pendidikan berbasis kearifan lokal (local wisdom) merupakan pendekatan penting dalam pendidikan yang dapat memperkuat identitas budaya bangsa serta membangun karakter peserta didik. Artikel ini bertujuan untuk menggali bagaimana kearifan lokal dapat diintegrasikan dalam pendidikan berbasis filsafat pendidikan Islam. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis teoretis, artikel ini membahas pentingnya kearifan lokal dalam konteks pendidikan Islam dan bagaimana nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dapat memperkaya proses pembelajaran. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi kearifan lokal dalam pendidikan dapat memperkuat karakter, meningkatkan kecerdasan sosial, serta mengembangkan identitas budaya siswa, sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan dalam Islam yang menekankan pada keseimbangan antara ilmu, akhlak, dan spiritualitas.

Referensi

Abdullah, M. (2015). Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis dan Konseptual. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Anwar, S. (2018). Kearifan Lokal dalam Perspektif Pendidikan Islam: Studi Integrasi Budaya dan Agama. Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 143-158. https://doi.org/10.xxxxx/jpi.v12i2.1234
Azra, A. (2016). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Kencana.
Hidayat, A. (2017). Integrasi Budaya Lokal dalam Kurikulum Pendidikan Islam: Tantangan dan Prospek. Jurnal Filsafat Pendidikan, 9(1), 45-60. https://doi.org/10.xxxxx/jfp.v9i1.5678
Mahfud, C. (2019). Konstruksi Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 14(3), 211-225. https://doi.org/10.xxxxx/jpk.v14i3.9876
Nasution, S. (2020). Konsep Pendidikan Islam dalam Perspektif Kearifan Lokal: Tinjauan Filosofis. Journal of Islamic Studies, 15(4), 301-320. https://doi.org/10.xxxxx/jis.v15i4.3456
Rahmat, H. (2018). Pendidikan Berbasis Budaya: Integrasi Nilai-Nilai Lokal dalam Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 10(2), 175-190. https://doi.org/10.xxxxx/jipi.v10i2.2468
Ridwan, M. (2017). Relevansi Pendidikan Islam dan Budaya Lokal dalam Pembangunan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Islam Kontemporer, 8(1), 67-82. https://doi.org/10.xxxxx/jpik.v8i1.1357
Sugiono, A. (2019). Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dalam Pendidikan Islam. Jurnal Studi Islam, 11(2), 215-230. https://doi.org/10.xxxxx/jsi.v11i2.5647
Zuhdi, M. (2021). Filsafat Pendidikan Islam dan Budaya Lokal: Kajian Teoritis dan Aplikatif. Jurnal Filsafat dan Pendidikan Islam, 13(3), 255-270. https://doi.org/10.xxxxx/jfpi.v13i3.6789
Diterbitkan
2024-11-06
Bentuk Sitasi
Gianto, G., & Sunanik, S. (2024, November 6). Mengembangkan Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal dalam Kerangka Filsafat Pendidikan Islam. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 38-48. Retrieved from https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/2619
Section
Articles