Implementasi Metode Montessori Dalam Pembentukan Karakter Mandiri Pada Anak Usia Dini di TK Abc Islamic School

  • M. Mujib Ustmani Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
  • Laila Trisna Safitri STITNU Al Hikmah Mojokerto
Kata kunci: pembelajaran montessori, karakter mandiri, paud

Abstrak

Metode Montessori merupakan metode yang menekankan pentingnya penyesuaian diri dari lingkungan belajar anak dengan tingkat perkembangannya, dan peran aktivitas fisik dalam menyerap konsep akademis dan keterampilan praktik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Montessori dalam mengembangkan metode montessori dalam pembentukan karakter mandiri pada anak usia dini. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: wawancara, observasi, dan dokumen. Metode analisis data yang digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di Tk Abc Islamic School dengan informan 3 orang yaitu kepala sekolah, guru, dan wali murid. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode Montessori dalam mengembangkan karakter mandiri pada anak usia dini yakni melalui kegiatan menghargai anak, practical life, periode sensori motorik anak, mempersiapkan lingkungan, belajar sendiri (inner directed learning), serta pengalaman pada anak. Dengan penggunaan metode ini, anak-anak dapat belajar secara efisien serta dapat berkembang pesat dari berbagai aspek baik secara spiritual, afektif, kognitif, maupun motorik.

Referensi

Basri, Hasan. “Kemampuan Kognitif Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Ilmu Sosial Bagi Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Pendidikan 18, no. 1 (2018): 3. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpp.v18i1.11054.
David Gettman, Metode Pengajaran Montessori Tingkat Dasar Aktivitas Belaja Untuk Anak Balita, Pustaka Pelajar , Yogyakarta:, 20160, hlm 25.
Elizabeth B Hurlock, Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Erlangga, Jakarta, 2012, hlm 109.
Fitria, Rona. “Proses Pembelajaran Dalam Setting Inklusi Di Sekolah Dasar.” EJUPEKhu Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus 1, no. 1 (2012): 93.
Google. http.id.shoong.com/socral sciences/183078- pentingkah-kemandirian-bai-anak. diakses tanggal 19-April, 2018, pukul 05.36 WIB.
Gubtur Setiawan, Implementasi dalam Birokrasi Pembnagunan, Balai Pustaka, Jakarta, 2004, hlm. 39.
Gustina, Fatma, 2019, “Pengaruh Model Pembelajaran Maria Montessori terhadap Pengembangan Kedisiplinan Anak Usia 4-5 Tahun di TK Islam Ibnu Qoyyim Medan”, Skripsi, (Medan: UIN Sumatera Utara)
Hamzah, Durrotun, 2014, “Implementasi Prinsip-Prinsip Montessori dalam Pembelajaran di kelompok Bermain Safa Islamic Preschool Sorosutan Umbulharjo yogyakarta”, Skipsi, (Yogyakarta: Universitas Islam Negeri sunan Kalijaga)
Ismawati, P., & Ningtias, I. (2019, August 6). Pengaruh APE Montessori Manich Math terhadap Kemampuan Berhitung Kelompok A Di RA Brudu Sumobito Jombang. Al Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education (IJECIE), 3(1), 49-69. https://doi.org/https://doi.org/10.35896/ijecie.v3i1.48
Ismawati, P. (2023, June 18). Hubungan Kelekatan Anak terhadap Ibu dengan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun di RA Darul Ulum Banjaragung. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 9(2), 205-210. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v9i2.1718
Jamal, Athfalul Muslimin Kaifa Rabahumun Nabiyyul Amin (Islamic Parenting): Pendidikan Anak Metode Nabi, Solo: Aqwam, 2017.
Maria, terj. Ahmad Lintang Lazuardi, Metode Montessori: Panduan Wajib Untuk Guru dan Orang Tua Didik PAUD, editor Gerald Lee Gutek. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Maulina, Frisca. Tingkat Kemandirian Anak Usia Dini Ditinjau Dari Status Kerja Ibu Di Kecamatan Reban Kabupaten Batang, (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang ). 2014
Meiliana, Frni, 2015, “Penerapan Metode Montessori untuk Perkembangan Spiritual Anak Usia dini di TK IT Amanah Sidapurna Tegal”, Skripsi, (Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo)
Montessori, Maria, 2013. Metode Montessori Panduan Wajib Untuk Guru Dan Orang Tua Didik PAUD, Terjemah Ahmad Lintang Lazuardi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muthmainah, Fatihatil, 2017, “Penerapan Nilai-nilai, Pendidikan Islam dalam Metode Maria Montessori di Brainy bunch international Islamic Montessori School Malaysia”, Skripsi, (Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia).
Nasution, Risah Armayanti. Penanaman Disiplin dan Kemandirian Anak Usia Dini dalam Metode Maria Montesorri, ISSN:2338-2163-Vol. 05, No.02. 2017
Nurfalah, Y. Panduan Praktis Melatih Kemandirian Anak Usia Dini. Bandung: PNFI Jaya giri. 2010.
Rijali, Ahmad. “Analisis Data Kualitatif [Qualitative Data Analysis].” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17, no. 33 (2018): 81.
Wahyuningsih, Indah, 2011, “Pengaruh Model Pendidikan Montessori terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa”, Skripsi, (Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah).
Diterbitkan
2024-12-27
Bentuk Sitasi
Ustmani, M., & Safitri, L. (2024, December 27). Implementasi Metode Montessori Dalam Pembentukan Karakter Mandiri Pada Anak Usia Dini di TK Abc Islamic School. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 49-56. Retrieved from https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/2673
Section
Articles