Transformasi Digital dalam Pendidikan Agama Islam: Kajian Implementasi Metaverse sebagai Media Pembelajaran Interaktif
Abstrak
Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk dalam Pendidikan Agama Islam (PAI). Metaverse sebagai inovasi dalam teknologi digital menawarkan peluang baru dalam pembelajaran interaktif berbasis virtual. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi Metaverse dalam pembelajaran PAI serta efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman dan pengalaman belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dan pendekatan kualitatif dengan analisis terhadap berbagai sumber akademik dan praktik terbaik dalam penerapan teknologi Metaverse di bidang pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metaverse mampu meningkatkan interaktivitas, keterlibatan peserta didik, serta memperkaya pengalaman belajar berbasis realitas virtual yang lebih mendalam. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti tantangan yang dihadapi dalam penerapan Metaverse dalam PAI, seperti kesiapan infrastruktur, keterampilan digital tenaga pendidik, serta aspek etika dan nilai-nilai Islam dalam lingkungan digital.
Referensi
Ahmad, R. (2022). "Peran Virtual Reality dalam Pembelajaran Agama." Journal of Islamic Studies, 10(1), 45-60.
Yusuf, I. (2020). "Transformasi Digital dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam." Islamic Education Review, 6(3), 78-92.
Nasution, T. (2021). "Implementasi Teknologi dalam Pendidikan: Peluang dan Tantangan." Educational Technology Journal, 9(2), 100-115.
Hamzah, A. (2022). "Metaverse dan Pendidikan Islam: Perspektif Keislaman dalam Pembelajaran Digital." Islamic Pedagogy Journal, 7(4), 150-170.
Rahman, S. (2021). "Kajian Virtual Learning dalam Konteks Pendidikan Agama Islam." Journal of Religious Education, 5(3), 90-105.
Fauzi, N. (2022). "Ethical Challenges in Implementing Metaverse for Islamic Learning." Journal of Digital Education, 11(1), 30-45.
Malik, H. (2020). "Augmented Reality and Its Role in Enhancing Islamic Studies." International Journal of Islamic Technology, 5(2), 50-65.
Abdullah, Y. (2021). "Pemanfaatan Teknologi dalam Meningkatkan Literasi Keagamaan." Journal of Islamic Education, 4(3), 70-85.
Haris, M. (2022). "The Impact of Digital Transformation on Religious Learning." Digital Islam Journal, 3(4), 55-75.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.