PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF KOTAK PERMAINAN TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF (PENGENALAN ANGKA) PADA ANAK USIA DINI USIA 4-5 TAHUN DI RA QILPI ABATA WONOREJO PASURUAN
Keywords:
Alat Permaianan Edukatif Kotak Permainan, Perkembangan Kognitif, Anak Usia DiniAbstract
Rendahnya kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak kelompok A, karena pembelajaran kurang memanfaatkan alat permainan untuk dijadikan bahan untuk mengajar sehingga anak mudah bosan dan bermain sendiri. Tujuan penelitian mengetahui apakah ada pengaruh alat permainan edukatif kotak permainan terhadap kemampuan Kognitif dalam mengenal angka pada anak kelompok A di RA Qilpi Abata. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan yaitu pre-eksperimental dengan rancangan penelitian one-grup pretest- posttest design. Subyek penelitian ini anak kelompok A jumlah 12 anak, dengan analisis menggunakan SPSS 21.0 for Windows. Berdasarkan hasi Uji Wilcoxon menunjukkan nilai Z sebesar -4.324 dan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0, karena nilai Asymp. Sig (2-tailed) tersebut kurang dari 0.01, maka hipotesis alternatif dapat diterima. Ini menunjukkan adanya pengaruh sangat signifikan dari penggunaan Alat Permainan Edukatif terhadap kemampuan kognitif anak kelompok A di RA Qilpi Abata Wonorejo.
References
Arikunto, Suharsimi, (2006), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi VI, Jakarta: Rineka Cipta
Cucu Eliyawati. (2005). Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Fathul Mujib dan Nailur Rahmawati,(2011), Metode Permainan-Permainan Edukatif dalam Belajar Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press
Hurlock, E, B. (2017). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (edisi ke – 5). Jakarta: Erlangga
Husdarta dan Kusmaedi Nurlan, (2010), Pertumbuhan dan perkembangan Peserta Didik.( Olahraga dan Kesehatan). Alfabeta.
Khadijah, (2016), Pendidikan Prasekolah, Medan: Perdana Publishing.
Kementerian Agama RI. (2015). Mushaf Terjemah Perkata. Jakarta: Zikrul Hakim.
Miftahillah, Izzatul Khoiroh, Ana, 2021, Implementasi Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah melalui Flash Card Bahasa Arab pada Kelompok A di RA al Hikmah Ngampungan Bareng Jombang, SCHOLASTICA, Volume 3, Nomor 2, November 2021, 81-99
Mulyani, Novi, (2016), Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini,
Yogyakarta: KALIMEDIA.
Nilawati Tajuddin, (2014) Meneropong Perkembangan Anak Usia Dini Perspektif Al-Quran, Depok: Herya Media
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.