Transformasi Pendidikan Tinggi Keagamaan di UNUSIDA: Tantangan dan Strategi Glokal dalam Menyiapkan Guru Profesional untuk Pendidikan Dasar
Keywords:
Transformasi Pendidikan, GlokalAbstract
Penelitian transformasi pendidikan di Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (UNUSIDA) ini dilakukan karena adanya tantangan dalam sistem pendidikan tinggi yang kurang fleksibel dalam menghadapi perubahan global dan tuntutan lokal. Tujuannya mengidentifikasi faktor-faktor yang menghalangi peningkatan mutu pendidikan, menganalisis pola transformasi yang diperlukan, serta merumuskan strategi yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di UNUSIDA dengan perspektif new institutionalism melalui pendekatan retroduktif untuk menganalisis faktor-faktor yang tidak memadai dalam sistem pendidikan UNUSIDA. Metode yang digunakan meliputi studi literatur, analisis kebijakan pendidikan, serta wawancara dengan pemangku kepentingan utama di UNUSIDA. Hasil penelitian menunjukkan tantangan utama dalam transformasi pendidikan di UNUSIDA mencakup kurangnya fleksibilitas kurikulum, keterbatasan akses terhadap sumber daya akademik global, serta resistensi terhadap perubahan institusional, diperlukan model transformasi yang didasarkan pada inovasi kurikulum, penguatan kapasitas dosen dan mahasiswa, serta integrasi teknologi dalam proses pembelajaran. Merekomendasi kebijakan dapat diimplementasikan dalam pengembangan mutu pendidikan tinggi yang berlandaskan kearifan lokal dan tetap responsif terhadap tuntutan global.
Abstract
This research on educational transformation at Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (UNUSIDA) was conducted due to challenges in the higher education system that is less flexible in facing global changes and local demands. The aim is to identify factors that hinder the improvement of education quality, analyze the required transformation patterns, and formulate strategies that can be implemented to improve the quality of education at UNUSIDA with a new institutionalism perspective through a retroductive approach to analyze inadequate factors in the UNUSIDA education system. The methods used include literature studies, education policy analysis, and interviews with key stakeholders at UNUSIDA. The results of the study show that the main challenges in educational transformation at UNUSIDA include the lack of curriculum flexibility, limited access to global academic resources, and resistance to institutional change, a transformation model is needed that is based on curriculum innovation, strengthening the capacity of lecturers and students, and integration of technology in the learning process. Recommend policies that can be implemented in the development of higher education quality that is based on local wisdom and remains responsive to global demands.
References
Farihah, I. (2015). 1060-1908-1-Pb. XVI(1), 19–36.
Fauzi, M., & Gunawan, A. (2022). Filantropi Global Membentuk Negara Kesejahteraan: Perspektif Islam dan Yahudi. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 6(2), 141. https://doi.org/10.30595/jssh.v6i2.13608
Fikri, A. (2019). Pengaruh Globalisasi dan Era Disrupsi terhadap Pendidikan dan Nilai-Nilai Keislaman. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 117–136. https://doi.org/10.32533/03106.2019
Harto, K. (2018). Tantangan dosen ptki di era industri 4.0. 16(1), 1–15.
Hermawanto, A., & Anggrani, M. (2020). Globalisasi, Revolusi Digital Dan Lokalitas?: Dinamika Internasional Dan Domestik Di Era Borderless World. LPPM UPN VY Press.
Holilulloh, A. (2016). Pierre Bourdieu Dan Gagasannya Mengenai Agama. Citra Ilmu, 24(12), 155–163.
Ismail, A. N., Tifliya, F. M., Khoiriyah, M., Tamwifi, I., & Maliki Abitolkha, A. (2021). Transformasi Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Dasar Islam. Jurnal Kependidikan Islam, 11, 2021.
Kadek, P. I., Noorwatha, D., Sn, S., Ds Putu, M., Darmastuti, A., Sn, M., Luh, N., & Kerdiati, K. R. (n.d.). RACHANA VIDHI: METODE DESAIN INTERIOR BERBASIS BUDAYA LOKAL DAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0 oleh I Kadek Dwi Noorwatha.
Manullang, R., & Marpaung, C. R. A. (2024). Perubahan Paradigma dalam Kurikulum Pendidikan Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar terhadap Metode Pengajaran dan Evaluasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(4), 10. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.488
Nudin, B. (2020). Konsep Pendidikan Islam Pada Remaja di Era Disrupsi Dalam Mengatasi Krisis Moral. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 63. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).63-74
Paelani Setia, E. al. (2021). Kampanye Moderasi Beragama: dari Tradisional Menuju Digital. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Pramesti, K. D., Meisya, N. I., & Amrillah, R. (2024). Relevansi Lulusan Perguruan Tinggi dengan Dunia Kerja. Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Agama, 03(04), 236234–236243.
Purba, A., & Saragih, A. (2023). Peran Teknologi dalam Transformasi Pendidikan Bahasa Indonesia di Era Digital. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 3(3), 43–52. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v3i3.619
Qamari, I. N. (2019). Transformative Interaction Capability, Anteseden Dan Konsekuensi: Sebuah Perspektif Teori TIP (Time, Interaction, Performance). Disertasi, 1–165.
Ruspini, E. (2025). Towards an inclusive ( post ) globalization?? Women as agents of change. 1(1), 46–52. https://doi.org/10.1177/29768667241310830
Sunanik, S. (2014). Perkembangan Anak ditinjau dari Teori Konstruktivisme. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 2(1), 14. https://doi.org/10.21093/sy.v2i1.491
Yusuf, M. (2018). Inovasi Pendidikan Abad-21: Perspektif, Tantangan, Dan Praktik Terkini. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 3, Issue 1). https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf