PENERAPAN METODE INKUIRI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DI KELAS V(MI SALAFIYAH SYAFIIYAH KLINTEREJO SOOKO MOJOKERTO)

Authors

  • Rif’an Fauzi STITNU Al Hikmah Mojokerto

Keywords:

Metode Inkuiri, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Kelas V

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di kelas V. Metode inkuiri dipilih sebagai alternatif pembelajaran yang menekankan pada proses penemuan dan pengembangan pemahaman siswa secara aktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari beberapa siklus, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di salah satu sekolah dasar. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri mampu meningkatkan aktivitas siswa, hasil belajar, serta pemahaman terhadap materi PKn. Terdapat peningkatan persentase ketuntasan belajar dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, metode inkuiri efektif digunakan dalam pembelajaran PKn di kelas V untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa.

References

Djamariah, BS dan Azwan Zain, 1997, Startegi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta

Engkoswara, 1996, Pedoman Penyusunan Karya Ilmiah Untuk Angka Kredit Guru , Bandung: Karangsewu

Keraf, Gorys, 1994, Komposisi, Flores: Nusa Indah

Moleong, Lexy J. 2002, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosda Karya

Rusyan, Tabrani, 1992, Penuntun Belajar Yang Sukses, Bandung: Penerbit Nine Karya Jaya

Sri Wilujeung, Dyah, dkk, 1996, Perangkat Pembelajaran PKn SD, Jakarta: Tim Penatar PKn

Undang, Gunawan, 1998, Peningkatan Mutu Proses Belajar Mengajar Di Sekolah Menengahr, Bandung: Siger Tengah

Downloads

Published

2024-11-20

How to Cite

PENERAPAN METODE INKUIRI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DI KELAS V(MI SALAFIYAH SYAFIIYAH KLINTEREJO SOOKO MOJOKERTO). (2024). SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 102-117. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/2892