PENERAPAN METODE INKUIRI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DI KELAS V(MI SALAFIYAH SYAFIIYAH KLINTEREJO SOOKO MOJOKERTO)
Keywords:
Metode Inkuiri, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Kelas VAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di kelas V. Metode inkuiri dipilih sebagai alternatif pembelajaran yang menekankan pada proses penemuan dan pengembangan pemahaman siswa secara aktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari beberapa siklus, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di salah satu sekolah dasar. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri mampu meningkatkan aktivitas siswa, hasil belajar, serta pemahaman terhadap materi PKn. Terdapat peningkatan persentase ketuntasan belajar dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, metode inkuiri efektif digunakan dalam pembelajaran PKn di kelas V untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa.
References
Djamariah, BS dan Azwan Zain, 1997, Startegi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta
Engkoswara, 1996, Pedoman Penyusunan Karya Ilmiah Untuk Angka Kredit Guru , Bandung: Karangsewu
Keraf, Gorys, 1994, Komposisi, Flores: Nusa Indah
Moleong, Lexy J. 2002, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosda Karya
Rusyan, Tabrani, 1992, Penuntun Belajar Yang Sukses, Bandung: Penerbit Nine Karya Jaya
Sri Wilujeung, Dyah, dkk, 1996, Perangkat Pembelajaran PKn SD, Jakarta: Tim Penatar PKn
Undang, Gunawan, 1998, Peningkatan Mutu Proses Belajar Mengajar Di Sekolah Menengahr, Bandung: Siger Tengah
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rif’an Fauzi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.