Pengaruh Media Youtube terhadap Etika Belajar Bahasa Indonesia

Authors

  • Chairunnisa STKIP Kusumanegara Jakarta
  • Ahmad Ari Masyhuri Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten

Keywords:

Media YouTube, Etika Belajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media YouTube terhadap etika belajar Bahasa Indonesia pada siswa. YouTube sebagai media pembelajaran digital yang semakin populer memberikan kemudahan akses materi pembelajaran yang menarik dan interaktif, namun juga menimbulkan tantangan terkait penerapan etika belajar, seperti sikap disiplin, kejujuran, dan tanggung jawab siswa selama proses pembelajaran. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji kualitas data dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang dilakukan di SMK IT Rahmatutthoyibah Al-Iflahah Tangerang kelas XI sebanyak 85 siswa menunjukkan bahwa penggunaan media YouTube memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap etika belajar Bahasa Indonesia siswa dengan peningkatan kesadaran dan penerapan nilai-nilai etika dalam proses pembelajaran. Selain itu, peran guru sangat vital dalam mengintegrasikan media ini secara efektif dan membimbing siswa agar memanfaatkan YouTube secara etis dan bertanggung jawab. Temuan ini sejalan dengan studi sebelumnya yang menegaskan efektivitas YouTube dalam pembelajaran Bahasa Indonesia serta pentingnya pengawasan dalam penggunaan media digital agar dampak negatif dapat diminimalisir. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan strategi pembelajaran yang menggabungkan media YouTube dengan pendekatan etika pendidikan secara seimbang untuk meningkatkan kualitas belajar siswa.

References

Bill, Yudha. (2021). Pengguna Medsos di Indonesia Habiskan 25 Jam per Bulan Untuk Menonton YouTube. Diakses pada 30 Oktober 2021, dari https://tekno.kompas.com/read/2021/02/24/17020027/pengguna-medsos-di- indonesia-habiskan-25-jam-per-bulan-untuk-nonton-youtube

Chairunnisa, C., Hasanah, N., Masyhuri, A. A., Febriansyah, D., & Sunarsi, D. (2022). Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar serta Etika Menghubungi Dosen melalui Aplikasi WhatsApp. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 40-44.

Cindy, Ahsan. (2020). Jenis Konten yang Paling Banyak Ditonton di YouTube. Diakses pada 30 Oktober 202, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/11/jenis-konten-yang-paling- banyak-ditonton-di-youtube

Harahap, M. A. & Adeni, S. (2020). Tren penggunaan media sosial selama pandemi di indonesia. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik. 7(2). hlm. 13—23.

Zulhijah, Ratna. (2022). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEMATIK TEMA 8 MATERI IPA (SIKLUS AIR) KELAS V MI DARUL HIDAYAH PLUS TANGERANG. Skripsi.

Tanduk, Rita. (2024). Pengaruh Media Youtube Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pengaruh Media Youtube Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. https://repo.ukitoraja.ac.id/id/eprint/84/

Syahda, Oka. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 25 BENGKULU SELATAN http://repository.iainbengkulu.ac.id/10135/1/OKA%20SYAHDA%20(%201811210087).pdf

Yarsama & Suarta, (2021). Perspektif Etik dalam Pembelajaran Sastra.

Downloads

Published

2025-05-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Media Youtube terhadap Etika Belajar Bahasa Indonesia. (2025). SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 1-10. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/2917