Pengaruh Kegiatan Mindfulness terhadap Konsentrasi Anak Usia 4-5 Tahun di RA Ar-Rochmah Pleret Pohjentrek Pasuruan

Authors

  • Miftahillah Miftahillah STITNU Al Hikmah Mojokerto
  • Rahmatul Fawaizah STITNU Al Hikmah Mojokerto

Keywords:

mindfulness, konsentrasi, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan mindfulness terhadap konsentrasi anak usia 4–5 tahun di RA Ar-Rochmah, Pleret, Pohjentrek, Pasuruan. Kegiatan mindfulness digunakan berupa aktivitas meniup gelembung sebagai bentuk stimulasi fokus dan kesadaran penuh dalam proses pembelajaran anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe one group pre-test and post-test. Subjek penelitian berjumlah 18 anak. Instrumen digunakan berupa lembar observasi konsentrasi anak, dan analisis data dilakukan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test melalui SPSS 21.

Hasil penelitian menunjukkan nilai Z = -3.326 dengan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0.001 (< 0.01), yang berarti terdapat pengaruh yang sangat signifikan dari kegiatan meniup gelembung terhadap peningkatan konsentrasi anak. Sebelum treatment, sebagian besar anak menunjukkan tingkat konsentrasi yang rendah dan mudah terdistraksi. Setelah penerapan kegiatan, terjadi peningkatan kemampuan memperhatikan, keterlibatan dalam aktivitas, serta penyelesaian tugas.

Kesimpulannya, kegiatan mindfulness meniup gelembung efektif digunakan sebagai strategi pembelajaran alternatif yang sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini. Kegiatan ini mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, fokus, dan mendukung perkembangan kognitif anak, khususnya dalam aspek konsentrasi.

References

Al-Ghazali, Imam. (2005). Fiqh al-Akbar. Dar al-Kutub al-Ilmiyah.

Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis Edisi Revisi. (Jakarta: Rineka Cipta).

Astuti, E. S., Wahyuningsri, & Warastuti, W. (2021). Pengaruh stimulasi motorik halus terhadap daya konsentrasi belajar anak usia prasekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2).

Ibn Kathsir, Imam. (2000). Tafsir al-Qur'an al-Azim. Dar al-Kutub al-Ilmiyah.

Berk, L. E. (2013). Child Development (9th ed.). Pearson Education

Bredekamp, S., & Copple, C. (2009). Developmentally Appropriate Practice in Early Childhood Programs. NAEYC

Brown, K. W., & Ryan, R. M. (2003). The benefits of being present: Mindfulness and its role in psychological well-being. Journal of Personality and Social Psychology, 84(4), 822–848.

Essa, E. L. (2013). Introduction to Early Childhood Education (7th ed.). Cengage Learning

Fatchuroji, A., Yunus, S., Jamal, M., Somelok, G., Yulianti, R., & Sihombing, M. (2023). Pengaruh Tingkat Konsentrasi Terhadap Hasil Belajar. Journal on Education, 5(4), 13758–13765.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2004). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lainy. R. (2023). Upaya Menigkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia 4-5 Tahun Melalaui Media Audio Visual. Jurnal Tahsinia, Volume 4 Nomor 1, April 2023 Hal. 82-92

Miftahillah. As’adah. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Kelompok A Melalui Boneka Jari Islami Di TK Tunas Harapan Bangsa Parasrejo Pohjentrek Pasuruan, SELING, Jurnal Program Studi PGRA, Volume 9 Nomor 2 Juli 2023, P. 341-352

Nina Oktavia F. A (2025. Menigkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode ATK Permaianan Mengisi Botol. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Volume 8, Nomor 1, Januari 2025

Parnan, S. (2012). Statistik Nonparametik: Teori dan Aplikasi dalam Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human Development. New York: McGraw-Hill.

Purwanto. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Semple, R. J., & Willard, C. T. (2019). The Mindfulness Matters Program for Children and Adolescents: Strategies, Activities, and Techniques for Therapists and Teachers. New York: Guilford Press.

Sidik, A. (2016). Teori dan Praktik Pendidikan Holistik (h.89-104). Yogyakarta: Penerbit Universitas Pendidikan.

Siregar, S. (2013). Statistik Parametrik & Nonparametrik untuk Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Slavin (2017). Educational Psychology: Theory and Practice, perhatian (attention)

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sujiono, Yuliani Nurani. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Shapiro, S. L., & Carlson, L. E. (2017). The Art and Science of Mindfulness: Integrating Mindfulness Into Psychology and the Helping Professions. American Psychological Association.

Shelly P (2022). Menigkatkan Konsentrasi Belajar anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menjahit. Journal Of Islamic Early Chilhood Education, Volume 01 Nomor 01:2022

Williams, M., & Penman, D. (2011). Mindfulness: A Practical Guide to Finding Peace in a Frantic World. Rodale Books.

Wortham, S. C. (2010). Early Childhood Curriculum: Developmental Bases for Learning and Teaching (5th ed.). Pearson

Downloads

Published

2024-11-26

How to Cite

Pengaruh Kegiatan Mindfulness terhadap Konsentrasi Anak Usia 4-5 Tahun di RA Ar-Rochmah Pleret Pohjentrek Pasuruan. (2024). SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 124-136. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/2925