PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE UNTUK VOCABULARY SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRISDI SDI AL HIKMAH DUSUN SUDODUE DESA SIDOREJO KECAMATAN JETIS KABUPATEN MOJOKERTO

Authors

  • Diya Sri W, Nur Faiza M

Keywords:

Peningkatan Vocabulary, Bahasa Inggris, Kelas I, II, dan III SDI Al Hikmah.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media crossword puzzle dalam vocabulary siswa pada pembelajaran bahasa Inggris di SDI Al Hikmah Dusun Sudodue Desa Sidorejo Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek pada penelitian ini terdiri dari tiga kelas (kelas I, kelas II, dan kelas III). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket/ quisioner, soal test, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.

Hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris materi my family dan day di kelas I SDI Al Hikmah sebelum diterapkannya media crossword puzzle nilai siswa yaitu 68% (pre test) mengalami peningkatan nilai setelah diterapkannya media crossword puzzle meningkat menjadi 87% (post test). Hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris materi number dan month di kelas II SDI Al Hikmah sebelum diterapkannya media crossword puzzle nilai siswa yaitu 58,8% (pre test) mengalami peningkatan nilai setelah diterapkannya media crossword puzzle meningkat menjadi 73,4% (post test). Hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris materi animal dan fruit di kelas III SDI Al Hikmah sebelum diterapkannya media crossword puzzle nilai siswa yaitu 66,2% (pre test) mengalami peningkatan nilai setelah diterapkannya media crossword puzzle meningkat menjadi 82,5% (post test).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media crossword puzzle pada mata pelajaran bahasa Inggris di SDI Al Hikmah, dapat disimpulkan bahwa media crossword puzzle dapat meningkatkan vocabulary bahasa Inggris pada kelas bawah (kelas I, II, dan III) di SDI Al Hikmah Dusun Sudodue Desa Sidorejo Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto.

References

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta; Rajawali Press, 2011.

Astipuri, Ratih. 2011. Efektifitas Brain Gym Dalam Meningkatkan Vocabulary Pada Anak, Jurnal: UMS,

Bogdan dan Taylor, 2010 J. Moleong, Lexy. 1989.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya.

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting Dalam Meencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media, Felani Tandjung, Herman. Teknik Mudah Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2012.

Guntur Tarigan, 2015. Henry. Pengajaran Kosa Kata. Bandung: Angkasa.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Pratek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-05-20

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE UNTUK VOCABULARY SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRISDI SDI AL HIKMAH DUSUN SUDODUE DESA SIDOREJO KECAMATAN JETIS KABUPATEN MOJOKERTO. (2025). SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 31-42. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/2989