Aspek Peningkatan Manajemen Pendidikan Agama Islam

  • Saidur Ridlo IAI Al Khoziny Buduran Sidoarjo
Kata kunci: Manajemen Pendidikan, Sekolah, Lembaga Pendidikan

Abstrak

Sekolah adalah lembaga pendidikan tempat mendidik siswa tentang ilmu pengetahuan umum dan keagamaan. Proses belajar mengajar pada dasarnya merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan siswa dengan guru untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Akan tetapi yang paling inti di dalamnya adalah tentang manajemennya. Keberhasilan manajemen akan menjadi barometer keberhasilan pendidikan sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan manajemen pendidikan Islam. Hasil dalam penelitian ini bahwa proses manajemen merupakan aktivitas yang melingkar, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, sampai dengan pengawasan. Manajemen dalam pendidikan itu sangat penting, terutama dalam lembaga pendidikan Islam. Lembaga pendidikan Islam harus mampu menciptakan bagaimana pelaksanaan manajemen pendidikan yang efektif dan efisien. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pengelola lembaga pendidikan Islam harus mampu memanfaatkan setiap sumber yang tersedia sesuai dengan perencanaannya.

Referensi

Sekretariat Negara RI, UU RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Bandung: Fokus Media, 2003), hlm. 2.
A. Hamid Syarief, Pengembangan Kurikulum (Surabaya: Bina Ilmu Offset, 1996), hlm. 1.
John M. Echols dan Hasan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, (1995), hlm. 372.
Ike Kusdyah Rachmawati, Manajemen: Konsep – Konsep Dasar dan Pengantar Teori, (Malang: UMM Press, 2004)
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. (Bandung: PT Rosdakarya, 2018), 84.
Sukarna, Dasar-Dasar Manajemen (Bandung: Mandar Maju, 2002), hlm. 10.
Ngalim Poerwanto, Administrasi Dan Supervisi Pendidikan (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004), hlm. 108.
Nanang Fattah, Landasan Manajemen Pendidikan (Bandung: Penerbit Remaja Rosydakarya, 2004), hlm. 1.
Diterbitkan
2020-11-28
Bentuk Sitasi
Ridlo, S. (2020, November 28). Aspek Peningkatan Manajemen Pendidikan Agama Islam. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 105-117. Retrieved from https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/740
Section
Articles