Kontestasi Simbolik : Strategi Bersastra Agnes Davonar dalam Karya Surat Kecil untuk Tuhan

  • Diya Sri Widiyanti Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
Kata kunci: Arena Produsi Kultural, Agnes Davonar, Penyakit Kanker, Surat Kecil Untuk Tuhan

Abstrak

Penyakit kanker yang menjadi momok dalam kehidupan manusia tidak akan bisa terlepaskan dengan yang namanya pasien dan metode pengobatannya baik itu medis maupun tradisional. Agnes davonar dalam karyanya yang berjudul “Surat kecil untuk tuhan “ mampu menghadirkan cerita mengenai perjuangan seorang gadis penderita kanker. Pengangkatan tema mengenai marginalisasi yang selalu konsisten diangkat oleh agnes memberinya ruang untuk mendapatkan sebuah legitimasi bahwa ia layak dikatakan sebagai seorang novelis di ranah Indonesia. Dengan mengunakan analisis wacana dari Pierre Bourdiue maka peneliti akan mencari bagaimana strategi yang digunakan olehnya untuk memperoleh legitimasi dalam arena sastra Indonesia. Labelling seorang penulis bloger tentunya masih melekat dalam benak pembaca dibandingkan posisinya sebagai penulis novel. Sehingga untuk menyamakan posisi dalam arena sastra Indonesia maka agnes mengakumulasikan bebagai modal. Kepemilikan modal yang beraneka ragam mulai dari modal ekonomi, budaya, sosial dan simbolik diakumulasikan agar mampu bersaing untuk mendapatkan legitimasi seorang novelis. Dengan mengunakan langkah analisis sebagai berikut; pertama mencari arena produksi kultural dari Agnes davonar, kedua Novel Surat Kecil Untuk Tuhan menjadi strategi bersastra Agnes Davonar. Sehingga didapatkan bahwa Agnes davonar memanfaatkan isu mengenai “kanker” untuk mendapatkan legitimasi dan mengulirkan wacana kekuasan dokter yang bisa mengobati penyakit kanker. yang kedua dunia bloger menjadi jembatan agnes untuk mengetahui bagaimana karyanya bisa dikatakan layak apa tidak untuk diproses lebih lanjut.

Referensi

Ary, Donald, Jacobs, Lucy Cheser, and Razavieh, Asghar. (2002). Introduction to Research in Education (6th edition). USA: Thomson Learning.
Davonar, Agnes. 2008. Surat Kecil Untuk Tuhan. Jakarta:Inandra
Bourdieu, Pierre. (2010). Arena Produksi Kultural. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
______________. (2011). Choses Dites:Uraian & Pemikiran (edisi terjemahan). Bantul:
Kreasi Wacana.
Faruk. 2010. Pengantar Sosiologi Sastra. Pustaka Pelajar:Yogyakarta.
Faruk. 2014. Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Pustaka Pelajar:Yogyakarta.
Faruk. 2014. Pengantar Sosiologi Sastra Dari Strukturalisme Genetik Sampai Post-Modernisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Haryatmoko. 2015. Membongkar Rezaim Kepastian: Pemikiran Kritis Post Strukturalis. Yogyakarta: PT Kanisius.
Haryatmoko. 2016. Membongkar Rezaim Kepastian: Pemikiran Kritis Post Strukturalis. Yogyakarta: PT Kanisius.
Ida, Rachmah. (2014). Metode Penelitian Studi Media dan Kajian Budaya Edisi Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group.
Kanker, Penyakit. Nd. Penyakit Kanker. Diakses tanggal 28 Juli 2016 dalam http://penyakitkanker.org/
Kellner, Douglas. 2010. Budaya Media: Cultural studies, Identitas dan Politik antara Modern dan Postmodern. Jalasutra : Yogyakarta.
Moleong , 2005. Metodologi Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sarup, Madan. 2011. Panduan Pengantar untuk Memahami Postrukturalisme dan Posmodernitas. Yogyakarta: Jalasutra.
Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tyson, Louis. 2006. Critical theory today. New York. Routledge Taylor & Francis Grup.
Widyanintya, Dhika .2011 . representasi perjuangan hidup dalam novel surat kecil untuk tuhan (studi semiologi representasi perjuangan hidup novel surat kecil untuk tuhan ). Tidak untuk diterbitkan
Diterbitkan
2020-11-30
Bentuk Sitasi
Widiyanti, D. (2020, November 30). Kontestasi Simbolik : Strategi Bersastra Agnes Davonar dalam Karya Surat Kecil untuk Tuhan. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 168-187. Retrieved from https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/752
Section
Articles