Implementasi Perancangan Media Loose Parts pada Guru Taman Kanak-Kanak
Abstrak
Pembelajaran merupakan sistem yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang saling terintegrasi dan mempengaruhi satu dengan yang lainnya. Agar terjadi proses pembelajaran di Taman Kanak-kanak memiliki kualitas baik, guru harus mampu membuat perencanaan pembelajaran yang baik dan sesuai dengan tingkat pencapaian perkembangan anak. Penggunaan media yang tepat akan memudahkan dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Loose parts merupakan sebuah benda potongan yang bebas dimainkan dan tidak dapat diprediksi akan menjadi apa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra-eksperimen. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya kenaikan kemampuan guru sebesar 25,7 berdasarkan hasil pretest dan posttest.
Referensi
Gull, C., Bogunovich, J., Goldstein, S. L., & Rosengarten, T. (2019). Definitions of Loose Parts in Early Childhood Outdoor Classrooms: A Scoping Review. International Journal of Early Childhood Environmental Education, 6(3), 37-52.
Kiewra, C., & Vaselack, E. (2016). Playing with nature: Supporting preschoolers’ creativityin natural outdoor classrooms. International Journal of Early Childhood Environmental Education, 41 (1), 70-95
Lestariningrum, A., & Wijaya, I. P. (2020). Penerapan Bermain Loose Parts untuk Kemampuan Memecahkan Masalah Sederhana Anak Usia 4-5 Tahun. PEDAGOGIKA Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(2), 104-115.
Reagan, M. (2016). STEM-Infusing the Elementary Classroom. California: Corwin, a Sage Publishing Company
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Winarni & Endang Widi. (2011). Penelitian Pendidikan. Bengkulu: FKIP Universitas Bengkulu