Hubungan Keterlibatan Orang Tua terhadap Perilaku Prososial pada Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Rosti Rudi Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Hanita Hanita Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Rizqi Syafrina Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.29062/seling.v8i1.1053

Keywords:

Keterlibatan Orang Tua, Perilaku Prososial, Anak Usia 5-6 Tahun

Abstract

Anak usia dini memiliki kemampuan dan potensi yang masih harus dikembangkan dengan bantuan orang tua dan orang dewasa. Dimulai dari lingkungan keluarga yaitu orang tua atau pihak lain yang dekat dengan anak. Peran orang tua dalam masa anak adalah sebagai orang yang penting dalam perkembangan sosial emosional anak. Interaksi sosial erat kaitannya dengan perilaku prososial. Pada interaksi sosial, perilaku prososial akan terjadi dikarenakan individu membutuhkan bantuan orang lain. Keterlibatan orang tua sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, karena orang tua adalah model yang paling dekat dengan anak. oleh karena itu, keterlibatan orang tua sangat diperlukan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Keterlibatan Orang Tua Terhadap Perilaku Prososial Pada Anak Usia 5-6 Tahun. penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian kolerasi, dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah orang tua anak usia 5-6 tahun di TK Tunas Harapan. Dari hasil analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara keterlibatan orang tua terhadap perilaku prososial pada anak usia 5-6 tahun. Hubungan yang signifikan diperoleh dari nilai korelasi (r) sebesar 0,402 dengan taraf signifikansi sebesar 0,028 (p < 0,05). Dengan koefisien determinasi besar pengaruh keterlibatan orang tua terhadap perilaku prososial anak sebesar 16,1% dan sisanya 83,9% dipengaruhi oleh faktor lain

References

Ardiyana, R. D., Akbar, Z., & Karnadi, K. (2019). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Dan Motivasi Intrinsik Dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal endidikan Anak Usia Dini, 3(2), 494. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V3i2.253
Desmita. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Dewi, A. C., & Sofianni, E. (2019). Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun Terhadap Anak Down Syndrome Di PAUD Taman Belia Candi Semarang Tahun Ajaran2016/2017. Al-Wardah, 12(1), 33. Https://Doi.Org/10.46339/Al-Wardah.V12i1.132
Edy, E., Ch, M., Sumantri, M. S., & Yetti, E. (2018). Pengaruh Keterlibatan Orangtua Dan Pola Asuh Terhadap Disiplin Anak. Jpud - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 221–230. Https://Doi.Org/10.21009/Jpud.122.03
Hapsari, Iriani I. (2017). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: PT Indeks
Hasyim Et Al. (2018). Jurnal Psikologi. Jurnal Psikologi, 43(3), 248 – 263. Https://Journal.Ugm.Ac.Id/Jpsi/Article/View/17801/15824
Khasanah, B. L., & Fauziah, P. (2020). Pola Asuh Ayah Dalam Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 909–922. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i1.627
Listiandari, Bahrun, & R. (2020). Pola Asuh Orangtua Dalam Mengembangkan Perilaku Prososial Anak TK Di Kabupaten Bener Meriah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 5(1), 23–35.
Luh, N., & Asri, M. (2019). Gambaran Perilaku Prososial Anak Usia Pra Sekolah Di TK Maria Fatima Jembrana Bali. Bali Health Publish Journal, 1(1), 15–22.
Permendikbud No 137. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini: Jakarta
Rahayu, A., & Dewi, T. (2018). Pengaruh Keterlibatan Orangtua Terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak. Golden Age Hamzanwadi University, 2(2), 66–74.
Rasman, D. R. P. (2018). Hubungan Antara Keterlibatan Orangtua Dalam Pendidikan Dan Regulasi Emosi Pada Anak Usia 9-11 Dalam Pendidikan Dan Regulasi Emosi Pada Anak. Sanata Dharma University.
Setyowati, Lela. (2020). Keterlibatan Orang Tua Dalam Membangun Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak Usia Dini Di Desa Manduraga Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri: Purwokerto
Sulistiani, S., Robandi, B., & Riyadi, A. R. (2019). Hubungan Antara Keterlibatan Orang Tua Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 57–68.

Downloads

Published

2022-01-18

How to Cite

Hubungan Keterlibatan Orang Tua terhadap Perilaku Prososial pada Anak Usia 5-6 Tahun. (2022). SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 9-17. https://doi.org/10.29062/seling.v8i1.1053