Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini

  • Lina Eka Retnaningsih STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau
  • Ummu Khairiyah Universitas Islam Lamongan
Kata kunci: Kurikulum Merdeka, PAUD

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mulai digaungkannya kurikulum merdeka bagi sekolah penggerak di setiap tingkatan pendidikan termasuk pendidikan anak usia dini. Kurikulum merdeka adalah kurikulum baru, menyusun kurikulum baru tidak mudah bagi setiap satuan pendidikan. Ini adalah polemik yang sering dirasakan oleh para pendidik PAUD dan pengelolanya setiap pergantian kurikulum. Namun, kurikulum merdeka belum wajib untuk diterapkan pada setiap lembaga pendidikan anak usia dini. Ada tiga alternatif pilihan dalam pelaksanaannya. Untuk memberikan pemahaman berkaitan dengan esensi dan cara penyusunan kurikulum merdeka maka penting dilakukan penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi literatur dimana peneliti mengkaji dan menganalisis berbagai teori, peraturan yang ada berkaitan dengan konsep kurikulum merdeka dan bagaimana penyusunannya pada satuan  pendidikan anak usia dini.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum merdeka beriringan dengan konsep merdeka belajar yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam menyusun kurikulum merdeka yang perlu diperhatikan yaitu kerangka dasar dan struktur kurikulumnya. Tujuan Pendidikan Nasional berkaitan dengan Profil Pelajar Pancasila yaitu (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia; (2) mandiri; (3) bergotong royong; (4) berkebinekaan global; (5) bernalar kritis; (6) kreatif. Standar Nasional Pendidikan sebagai acuan dan kerangka yang telah diterjemahkan dalam struktur kurikulum, prinsip pembelajaran, dan asesmen serta capaian pembelajaran. Dalam kurikulum merdeka, struktur kurikulum berisi kegiatan intrakulikuler untuk penguatan profil pelajar Pancasila. Terdapat capaian pembelajaran yang harus dicapai sesuai dengan tiga elemen yaitu (1) Nilai Agama dan Budi Pekerti; (2) Jati Diri, (3) Dasar-Dasar Literasi, Matematika, Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Seni.

Referensi

Akkas, M., & Suryawati, E. A. (2021). Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-dasar Literasi & STEAM.
Fathan, R. (2020). Hardiknas 2020 Merdeka Belajar di Tengah Covid-19. In Junalposmedia.com. http://jurnalposmedia.com/hardiknas-2020-merdeka-belajar-ditengah-covid-19/
Ghufron, M. . (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, 1(1), 332–337.
Helista, C. N., Puspitasari, O., Prima, S. A., & Anggraini, Y. D. (2021). Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri.
Kemendikbud RI. (2021). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Munawar, M. (2022). Penguatan Komite Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. 1, 65–72.
Nasution, S. W. (2022). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Mahesa Center, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181
Pendidikan, K., Teknologi, D. A. N., Standar, B., & Pendidikan, D. A. N. A. (2022). Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi (Issue 021).
Prameswari, T. W. (2020). Merdeka Belajar: Sebuah Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Menuju Indonesia Emas 2045. Seminar Nasional Penalaran Dan Penelitian Nusantara, 1, 76–86.
Rahardjo, Maria Melita dan Maryati, S. (2021). Pengembangan Pembelajaran PAUD (1st ed.). Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Rohim, H. dan D. (2019). Pendidikan untuk menyambut masyarakat 5.0. Alinea.Id Fakta, Data, Kata, 399–405. https://www.alinea.id/kolom/pendidikan-untuk-menyambut-masyarakat-5-0-b1XcI9ijL
Sahri, N. (2021). Menyenangkan Berbasis Steam Bagi Guru Paud Se-Kecamatan Gunung Kijang. 5(2), 441–459.
Saleh, M. (2020). “Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19.” Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 51–56. http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/8
Sherly, Edy dharma, & Humiras Betty Sihombing. (2020). Merdeka belajar: kajian literatur. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 1, 183–190.
Suhelayanti, dkk. (2020). Manajemen Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Sulistyati, D. M., Wahyaningsih, S., & Wijania, I. W. (2021). Buku panduan guru proyek profil pelajar pancasila.
Suwandi, S. (2020). Implementasi Pembelajaran Abad Ke-21 Dan Tantangannya Untuk Berperan Dalam Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang 10 Januari 2020, 1–15.
Tilaar, H. A. . (2007). Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional dalam Perspektif Abad 21. Kencana.
Diterbitkan
2022-07-28
Bentuk Sitasi
Retnaningsih, L., & Khairiyah, U. (2022, July 28). Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8(2), 143-158. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v8i2.1223
Section
Articles